Beauty

Skincarisma, an Ingredient Analyzer. Find Perfect Product for Your Skin

Skincarisma – Ingredient Analyzer, Find Perfect Product for Your Skin

Punya kulit yang acne-prone dan juga sensitif membuat aku selalu lebih “picky” dalam pemilihan kosmetik, mau itu makeup maupun skincare. Bukannya “picky” terhadap brand-nya ya, melainkan lebih terhadap ingredient yang ada di dalamnya. Aku adalah orang yang percaya bahwa produk “over the counter” (OTC) yang dapat kita beli dipasaran sejatinya aman digunakan, namun adakalanya kulitku tidak dapat menerima dan mentolerir beberapa ingredient tertentu,yang mana kalau dipaksakan biasanya akan bereaksi negatif. That’s why, analyzed of the ingredient is one thing that should I do before buying or trying a cosmetic product. Dan beryukurlah aku bertemu dengan Skincarisma, one of cosmetic product and ingredient analyzer.

Skincarisma Ingredient analyzer
How to find the perfect product for your skin

Jika kamu pernah membaca postingan aku yang dulu-dulu, tentu kamu akrab dengan yang namanya CosDNA. Yep, CosDNA juga merupakan salah satu web penyedia jasa sebagai ingredient analyzer. Sehingga kita dapat menganalisa apakah suatu produk mengandung sesuatu yang bersifat comedogenic, acne trigger ataupun sesuatu yang dapat menjadi memicu timbulnya iritasi di kulit. Kita jadi bisa menilai apakah produk tersebut cukup aman (cocok) dengan tipe dan jenis kulit yang kita miliki.

Skincarisma Ingredient analyzer

Aku sangat menyukai CosDNA, karena konsepnya simple dan dapat mengedukasi aku secara pribadi yang tidak mempunya backgound kimia atau sejenisnya, mengenai setiap ingredient yang dalam suatu produk. Jadinya ya ga totally blank lah ya mengenai suatu produk, dan ga harus ngandalin dan nungguin review dari orang lain saat ingin mencoba suatu produk

Dan website ingredient analyzer lainnya yang menurutku juga bagus untuk dicoba adalah Skincarisma. Sebenarnya konsepnya hampir sama dengan CosDNA, bertidak sebagai cosmetic product and ingredient analyzer, tapi bisa dibilang dikemas dengan format yang lebih menyenangkan. Why?

Things that I love from Skincarisma

Beauty Profile and Skin Concern

Yang paling menarik dari website ini menurutku adalah adanya “beauty profil and skin concern” untuk setiap user/member. Menurutku hal ini berguna banget, karena dengan beauty profil yang jelas dan dengan skin concern yang jelas juga, membuat kita sebagai user jadi mengerti akan kebutuhan kulit kita dan menjadi tau ingredient apa saja yang sebaiknya digunakan dan dihindari oleh kulit tertentu.

Sedangkan untuk orang lain yang membaca review dari kita juga jadi mengerti dengan latar belakang kulit kita, sehingga untuk sharing review menjadi lebih tepat sasaran. Ga mungkin kan orang dengan kulit kering dehidrasi mencari dan menggunakan produk yang diperuntukkan bagi kulit oily skin. Yang ada bisa-bisa kulitnya semakin dehidrasi kalau merujuk pada skin type yang tidak tepat. Hehe

By the way, kita juga bisa loh listing produk yang pernah kita coba, current skincare routine ataupun listing wishlist produk yang mau kita coba ^^

 

Guideline for your skin

Acne-prone skin

Beberapa ingredient yang sebaiknya dihindari dan mendapatkan pay attentionoleh acne-prone skin, yaitu shea butter dan stearic acid,Β karena kedua ingredient tersebut berpotensi comedogenic. Selain itu juga adaΒ tocopheryl acetat yang pada acne prone bisa berpotensi sebagai comedogenic serta menyumbat pori.

Apakah hanya ingredient itu sajakah yang perlu dihindari oleh acne prone skin? Jawabannya ga juga. Yang disebutkan barusan adalah ingredient umum yang memang terkenal tidak begitu ramah untuk kulit acne-prone. Masih banyak lagi ingredient yang berpotensi comedogenic untuk acne-prone skin. Karena itulah pada website ini juga dilengkapi dengan “badge” sebagai penanda ingredient apa saja yang berpotensi comedogenic. Anyway, setiap ingredient yang memang berpotensi comedogenic juga diberikan rating sehingga kita mengerti seberapa besar potensi yang dihasilkan oleh ingredient tersebut.

Dan tenang aja, walaupun ada banyak ingredient yang berpotensi comedogenic, banyak juga kok ingredient yang sangat ramah bahkan bisa menjadi sahabat kulit acne-prone, contohnya Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, Tea Leaf Tree Oil, Licorice Extract dan masih banyak lagi! Sama seperti ingedient yang perlu dihindari, ingredient yang ramah dengan kulit acne-prone ini akan deberikan badge acne-fightersebagai penanda agar kita bisa notice dengan product yang aman untuk acne-prone skin πŸ™‚

Skincarisma Ingredient analyzer
Notable effects and ingredients

Sensitive skin

Seperti hal nya dengan acne-prone skin, pemilik kulit sensitif juga memiliki beberapa ingredient yang sebaiknya dihindari. ContohnyaΒ  sulfat dan alcohol. Why? Sulfate sendiri sebenarnya merupakan ingredient yang sangat baik dalam membersihkan kulit. Sayangnya sulfat memiliki kelemahan tidak dapat membedakan antara sebum alami pada kulit dengan kelebihan kotoran yang seharusnya dibersihkan. Akibatnya penggunaan sulfate pada kulit sensitif malah akan menghilangkan kelembapan alami kulit yang berakibat timbulnya iritasi pada kulit sensitif.

Begitu pun dengan alcohol. Penggunaan alkohol pada kulit sensitif akan menghilangkan kelembapan alami kulit yang jika digunakan secara berlebihan akan memicu masalah iritasi.

That’s why kedua ingredient tersebut sebaiknya mendapatkan perhatian khusus oleh pemilik kulit sensitif. Ingredient-ingredient yang berpotensi mengiritasi kulit sensitif juga akan ditandai dengan badge khusus sehingga kita bisa lebih aware dengan ingredient tersebut.

Skincarisma Ingredient analyzer
Notable effects & ingredients

Ingredient Analyzer

Mungkin ini adalah bagian favoritku karena disini kita bisa menemukan hasil analisa secara detail mengenai suatu produk.Β Kita akan diberitahu “notable effect & ingredient” pada suatu produk. Semacam ingredient aktif apa saja yang berkerja beserta efeknya pada kulit.

Skincarisma Ingredient analyzer
Skincarisma Ingredient analyzer

Ada banyak sekali produk skincare dan kosmetik yang dianalisa pada web ini. Tapi jika kita tidak dapat menemukan produk yang kita mau, kita tetap dapat melalukan analisa kok :). Caranya gampang, tinggal cari saja list ingredient dari website resminya, terus di copy dan paste pada page ingredient analyzer. Hasilnya ingredientnya tetap akan dianalisa satu persatu.

Dan yang pasti kita juga juga dapat mengupload hasil analisa baru produk yang kita cari. Hitung-hitung membantu yang lain untuk menemukan produk yang cocok dan sesuai dengan tipe kulit masing-masing πŸ™‚

Sharing by reviewing

Ini juga nilai plus buat aku, selain mengetahui analisa setiap ingredient, kita juga bisa dapat menemukan review produk tersebut dari berbagai skin type yang berbeda. Dan kita pun diberi kesempatan untuk menulis review berdasarkan pengalaman kita sendiri. Intinya saling sharing review gitu:)

Dengan demikian kita jadi mendapatkan informasi tambahan mengenai efek dari suatu produk secara langsung. Tidak cuma hasil analisa ingredientnya saja, tetapi juga efek langsung pada berbagai jenis kulit.

Forum Discussion

Selain analisa dan review dari para member, pada web ini juga disediakan wadah berupa forum untuk berdiskusi dari pada member all over the world! Sehingga kita bisa ikutan ngobrol dan sharing dengan semua member, dengan berbagai tipe kulit, all over the world :). Seru yah ^^

Intinya sih aku mau sharing aja, ada baiknya selalu mengecek dan menganalisa sendiri ingredient suatu produk, apakah semua ingredient yang ada dalam produk itu cukup aman untuk kulit kita atau tidak. Semacam tindakan preventif aja.

Jika udah yakin kalau ingredient tersebut tidak begitu masalah, bisa dilanjutkan dengan mencari review-review dari orang yang memang pernah menggunakan skincare tersebut.

After all, kalau udah dirasa produk nya aman, kemudian review-review juga berkata produk ini memiliki efek yang bagus di kulit, the next step adalah patch testing. Why? Because the patch test is a must! Patch test sifatnya mutlak di atas analisa ingredient dan review dari orang-orang. Bisa saja secara ingredient dia aman, reviewnya juga bagus, tapi saat dicobain di kulit malah menimbulkan reaksi negatif. Ini bisa saja terjadi karena mungkin saja kita malah alergi sama ingredient lainnya.

That’s why saat punya skincare atau cosmetic yang ga cocok di kulit, cobain baca ingredient nya deh, dicek kira-kira ingredient apa yang berpotensi sebagai trigger of problem di kulit. Dan bandingin dengan ingredient dari produk-produk yang dirasa cocok di kulit. Apakah ingredient tersebut juga terdapat pada holy grail kamu atau tidak. Kalau ada kemungkinan bukan ingredient itu penyebabnya, tapi jika tidak, bisa jadi memang itu penyebabnya. Sesimple itu ajasih sebenarnya.

Lama-lama kalau sudah paham dan tau ingredient apa saja yang dirasa cocok dan tidak akan cocok untuk kulit, akan membuat kita jadi terbiasa dan lebih gampang dalam memilih produk. Karena produk yang semua orang bilang bagus dan katanya “holy grail” buat mereka, belum tentu itu akan memberikan efek yang sama buat kita. Begitu pun sebaliknya.

Semoga membantu yaahhh :*

-Ayurifa-

 

Disclosure: “This is a sponsored post by Skincarisma but all opinions areΒ 100% honest and are my own. I love to share a good thing! And I hope you will find the perfect skincare and cosmetic for your skin πŸ™‚ “

2 thoughts on “Skincarisma, an Ingredient Analyzer. Find Perfect Product for Your Skin”

    1. Iya Frida, karena kulit manusia punya tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap suatu ingredient, dan biasanya punya alergi yang berbeda-beda juga.
      Makanya sih yang paling penting dari semua nya ya bagian “patch testing” tadi itu πŸ™‚

      Makasi juga udah mampir Frida ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *