Beauty

[ Review ] Neogen Real Cica Pad for Sensitive Skin

[ Review ] Neogen Real Cica PadΒ for Sensitive Skin

Mungkin aku adalah orang terakhir yang nyobain produk-produk dari Neogen!! Haha. Setelah nge-hits selama beberapa tahun belakangan dengan produk bio-peel, cleansing stick dan cleansing foamnya. Akhirnya tahun ini aku kesampaian juga nyobain salah satu produk terbarunya dari Neogen, yaitu Neogen Real Cica Pad. Entah kenapa dari dulu aku ga begitu tertarik nyobain varian bio-peel lemon, wine dan greentea nya yang memang sudah terkenal itu. Ga tau kenapa aku selalu ngerasa kalau skincare dengan konsep pad gitu agak kurang hygienist karena kita harus sering-sering buka tutup wadahnya. Selain itu aku selalu mikir kalau penggunaan pad sebenarnya agak menyusahkan kita sebagai user dalam mengkontrol banyaknya penggunaan essence yang ada di dalamnya. That’s why selama ini aku agak males nyobain. Tapi saat tau Neogen Real Cica Pad ini masuk Benscrub, aku buru-buru order buat nyobain πŸ™‚

Neogen Real Cica Pad
Neogen Real Cica Pad

What is Neogen Real Cica Pad?

Sebenarnya apa sih Neogen Real Cica Pad ini dan apa yang bedain dengan dengan bio-peeling lainnya?

Kalau kata Neogen Dermatology, Neogen Real Cica Pad ini produk dengan multi fungsi sekaligus. Fungsinya adalah sebagai

Skin Barrier RecoveryCalming HydrationSkin ProtectingDead Skin Peeling

Jadi dalam satu produk mengandung beberapa fungsi sekaligus. Ga cuma memberi hydrasi, menenangkan, dan memperbaiki skin barrier aja, namun juga dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus. Buat pemilik kulit acne-prone yang cenderung senstif sepertiku, memilih exfoliating treatment sepertiku memang sangat tricky. Karena jika keliru, bukannya dapat mengangkat sel kulit mati, bisa-bisa malah membuat kulit jadi iritasi.

Packaging

Kemasan dari Neogen Real Cica Pad ini mirip dengan bio-peel sebelumnya. Bentuknya berupa jar, namun sedikit yang membedakan jarnya ini dengan bio-peeling pad sebelumnya adalahΒ jar-nya dibuat tidak transparan yang mana bagus banget untuk produk skincare. Ukurannya bulky dan memang tidak travel friendly.

Yang aku suka, pada bagian dalam dari wadah ini juga dilengkapi dengan sealing paper tambahan yang bikin aku jadi lebih merasa secured dengan produk yang ada di dalamnya.

Neogen Real Cica Pad
Packaging Neogen Real Cica Pad

Dan hal menarik lainnya adalah Neogen Real Cica Pad ini terdiri dari 90 pad dengan kandungan essence 150 ml. Ukuran essence nya memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Neogen Bio-Peeling Lemon, Wine dan Green Tea sih. Tapi dengan pemakaian 1 pad sehari pun, Neogen Real Cica Pad ini masih bisa digunakan hingga 3 bulan.

Texture

Berbeda dengan Neogen Bio-Peeling Pad yang biasanya, pad yang digunakan oleh Neogen Real Cica Pad ini cuma terdiri dari satu lapis yang memiliki tekstur yang sama pada bagian depan maupun pada bagian belakangnya.

To be honest aku ga pernah nyobain yang Bio-Peeling Pad, jadi aku ga bisa bandingin apakah tekstur dari Real Pad ini lebih halus atau lebih kasar dibandingkan yang sebelumnya. Tapi aku pernah nonton insta story nya Nadila Dara (salah satu FD Babes kalau kamu tau), yang bilang teksturnya lebih halus dibandingkan dengan tekstur Bio-Peeling Pad.

Neogen Real Cica Pad
Tekstur pad dari Neogen Real Cica Pad

Dan jika dibandingkan dengan COSRX original peeling pad, pad dari Neogen ini terasa sedikit lebih bertekstur. Jadi sebaiknya memang digunakan dengan bijak. Jangan di rubbed di kulit layaknya amplas ya πŸ™‚

Ingredient

Water, Glycerin, Butylene Glycol, Centella Asiatica Extract, Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Madecassoside, Lactobionic Acid, Gluconolactone, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Sodium Hyaluronate, Octyldodecanol, Ceramide NP(Ceramide 3), Hydrogenated Lecithin, Caprylic/Capric Triglyceride, Allantoin, Betaine, Panthenol, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Glyceryl Caprylate, Ethylhexylglycerin, Tromethamine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Xanthan Gum, Propanediol, Diglycerin, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Disodium EDTA

Mengetahui Centella Asiatica sebagai salah satu star ingredient-nya adalah salah satu alasan kenapa aku berani nyobain produk ini. Ini tentu ini bukan pertama kalinya bagiku nyobain produk dengan kandungan utama centella asitica. Sebelumnya aku udah pernah nyobain COSRX Centella Blemish Cream yang sudah aku habiskan hingga 2 jar saking sukanya ^^.

Centella asiatica memang sudah terkenal dengan kemampuannya sebagai healing and soothing properties. Dan tidak hanya menggunakan centella asiatica saja sebagai main ingredientnya, produk ini juga dilengkapi dengan active compound yang berasal dari turunan centella asiatica sendiri yaituΒ Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Madecassoside.

Ingredient lainnya yang juga menarik dan perlu di highlight dalam produk ini adalah Hyaluronic Acid dan Ceramide. Hyaluronic Acid bukan hanya menjadi salah satu ingredient yang paling sering digunakan pada produk skincare asia, namun juga menjadi salah satu ingredient yang paling efektif dalam memulihkan, meningkatkan kadar air dalam kulit serta mempertahankan kelembaban kulit. Sedangkan ceramide NP tidak hanya berfungsi sebagai memperkuat natural lipid barrier dari kekeringan dan aging, namun juga memiliki kemampuan dalam menjaga keseimbangan dan kelembaban kulit.

Jadi tidak heran memang kalau Neogen Real Cica Pad ini dipersiapkan sebagaiΒ Skin Barrier Recovery, Calming Hydration, Skin Protecting. Sedangkan untuk proses exfoliating atau dead skin peeling, produk ini menggunakanΒ pha (poly hydroxy acid) sebagai exfoliating agent nya. Pha yang digunakan adalahΒ Lactobionic dan Gluconolactone.

Buat yang belum tau apa itu pha? Pha lebih kurang mirip dengan aha (alpha hydroxy acid) yang fungsinya sebagai exfoliating agent. Tidak bersifat oil soluble sehingga hanya bekerja di atas permukaan kulit saja. Partikelnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan aha seperti lactic acid ataupun glycolic acid. Karena itulah pha biasanya cocok digunakan oleh kulit yang sensitif sekalipun.

Impression

Punya kulit acne prone yang cukup sensitif membuat aku picky dalam menggunakan skincare. Terutama skincare dengan bahan aktif yang punya efek eksfoliasi. Tapi disatu sisi perlu diingat juga kalau kulit kita tetap butuh yang namanya exfoliasi untuk menangkat sel kulit mati yang menumpuk dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Seperti yang sudah aku duga dari awal, tidak seperti produk dengan kandungan acid biasanya, Neogen Real Cica Pad ini justru terasa sangat mild dan gentle di kulit. Sama sekali tidak terasa perih di kulit. Walaupun bisa dibilang essence yang menyerap pada pad-nya tidak terlalu banyak, tapi terasa cukup melembabkan kulit.

Neogen Real Cica Pad
Perbandingan pad Neogen Real Cica Pad (kiri) dengan COSRX Original Pad (kanan)

Selain rasa lembab di kulit, to be honest aku tidak merasakan efek lain di kulit. Hingga memasuki minggu ke-2, hasilnya mulai terlihat secara perlahan. Permukaan kulit terasa lebih halus dan lembut. Tidak memberikan efek apapun pada jerawat aktif. Dan memang eksfoliating agent yang digunakan adalah pha, bukan bha. Jadi wajar kalau tidak ditargetkan secara langsung untuk mengatasi jerawat. Namun efeknya baru kerasa pada jerawat yang sudah melewati masa inflamasi. Permukaan kulit yang tadinya masih merah dan ada bumps-nya pelan-pelan kempes dan kulitnya mulai membaik. Begitupun untuk mini bumps seperti whitehead atau bruntusan akan terlihat perubahannya secara perlahan.

Jadi untuk mengatasi jerawat yang sedang aktif atau sedang meradang memang perlu dikombinasikan dengan acne spot treatment lainnya. Tapi perlu diingat, walaupun Neogen Real Cica Pad ini sangat mild dan gentle di kulit, sebaiknya tetap gunakan dengan perlahan di kulit, terutama kulit yang sedang meradang/inflamasi. Karena bagaimanapun, pad-nya bertekstur sehingga jika digunakan terlalu keras di kulit yang meradang bisa mengakibatkan iritasi.

Sedangkan untuk acne scar dan dark spot akibat jerawatpun masih ada efeknya asalkan masih baru. Untuk scar dan dark spot yang sudah lama aku rasa butuh penggunaan dalam jangka waktu yang lebih lama atau dikombinasi dengan actives lainnya.

By the way, walaupun bersifat eksfoliasi, Neogen Real Cica Pad ini sama sekali tidak membuat kulit terasa kering ataupun tertarik. Aku rasa hyaluronic acid dan ceramide NP nya memang bekerja dengan baik di kulit. Tapi walaupun demikian, aku pasti selalu lanjut menggunakan hydrating toner sesudahnya. Dan selama penggunaan aku merasa problem kulitku berkurang dengan cukup signifikan. Well, bisa dibilang Neogen Real Cica Pad ini cukup membantu memperkuat skin barrier pada kulitku.

Jadi aku rasa, Neogen Real Cica Pad ini cukup efektif mengatasi masalah pada permukaan kulit seperti tekstur, redness dan hyperpigmentasi. Walaupun efeknya yang dirasakan tidak instan dan perlahan, namun aku rasa ini sangat-sangat cocok jika digunakan oleh kulit sensitif yang kulitnya tidak bisa mentoleransi acid yang cukup keras atau newbie yang baru mau nyobain produk eksfoliasi.

By the way. Neogen Real Cica Pad ini bisa digunakan tiap hari. Cukup sekali sehari aja. Aku pernah gunain dua kali sehari (pagi dan malam) dan ternyata bikin kulit aku jadi sedikit lebih sensitif. Jadi sebaiknya memang digunakan sesuai anjuran 1 kali sehari aja. Aku gunaian sekali sehari di malam hari aja dan skip penggunaan jika menggunakan acid lain seperti Krave KalelauyAha.

Price & Where to Buy?

Neogen Real Cica Pad ini aku beli di Benscrub dengan harga IDR 255.000,-.

Dan bagi kamu yang ingin mendapatkan tambahan diskon bisa gunakan kode voucher “BABEAYURIFA” pada saat checkout.

Buy or Bye?

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan exfoliating pad atau exfoliating treatment yang lain seperti toner, produk ini mungkin tidak akan terasa istimewa. Tapi jika kamu seperti aku yang punya kulit sensitif dan acne prone, atau kulitnya memang rewel dan ngerasa butuh eksfoliasi. Atau mau mencoba baru mau-mau mencoba produk exfoliasi, Neogen Real Cica Pad ini bisa dijadikan alternatif. So definitely buy it!! πŸ™‚

Ayurifa

6 thoughts on “[ Review ] Neogen Real Cica Pad for Sensitive Skin”

  1. Jadi ini isinya 90 pad, asik dong, kemaren pengen banget beli yang lemon tapi maju mundur, pas banget ternyata ada real cica ini coco buat kulit sensitif, jadi biar nyobain yang ini dulu baru yang lemon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *