Beauty

[Review] Haple Grapeseed Oil

[Review] Haple Grapeseed Oil

Welcome Desember!!! Sebelum ganti tahun dan utang postingannya bertambah banyak, kayaknya aku mulai nyicil bayar utang postingan yah. Kali ini aku mau bahas tentang salah satu produk local yang lagi hitz! Yaitu tentu saja mengenai Review Haple Grapeseed Oil!

Haple Grapeseed Oil
Haple Grapeseed Oil

Disclamer: I am sorry for bad quality picture, soalnya aku memang sudah menggunakan oil ini cukup lama dan hampir habis, dan baru sadar kalau ternyata banyak tulisan yang ada pada kemasan yang sudah memudar πŸ™‚

Sebagai pecinta face oil, terus terang aku merasa sangat sangat senang karena sudah banyak skincare local yang berani mengeluarkan face oil. Belum banyak yang aku cobain sih. Tapi salah satu brand yang cukup bikin aku penasaran adalah Haple ini.

Pertama kali mengenal brand ini adalah saat sedang scrolling aplikasi female daily. Iseng liat-liat lagi ada racun baru apa nih diΒ Female Daily. Pas lagi lihat explorer aku lihat ada beberapa orang yang posting foto produk Haple, dan setelah aku lihat itu ternyata face oil! Gimana ga ngiler coba! Kalau kamu sudah pernah mampir di blog ini sebelumnya, mungkin kamu sudah tau kalau aku cinta mati sama yang namanya Trilogy Rosehip Oil. Produk ini sukses buat aku nyobain face oil lainnya yaitu Trilogy Rosehip Oil, Trilogy Rosehip Oil Antioxidat+, The Ordinary Rosehip Oil, Goodness Chia Seed Oil dan Antipodes Divine with Rosehip Oil



Dan dari hasil kepo akhirnya aku tau kalau Haple ini merupakan produk local. Dan saat keponya merujuk pada testimony para penggunanya, perasaan impulsive untuk beli dan nyobain produk ini pun semakin menggebu-gebu! Ditambah lagi dengan fakta yang mengatakan kalau harga produk ini sangat-sangat ramah akan kantong, mengingat face oil yang aku mention sebelumnya cukup bikin kantong jadi tipis

Grapeseed Oil

Grapeseed oil ini merupakan minyak yang dihasilkan melalui ekstraksi biji buah anggur dengan cold pressed system. Grapeseed oil terkenal kaya akan antioksidant yang tinggi dan juga senyawa natural yangdikenal dengan oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs). OPCs ini dikenal sebagai salah satu antioksidan yang sangat baik yang mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan sejumlah penyakit kronis lainnya. Senyawa ini juga terkenal dengan manfaat lainnya bagi tubuh seperti anti-inflamasi, anti-karsinogenik, anti virus,anti-bakterial.Β  natural

Nah grapseed oil ini sendiri termasuk oil dengan kandungan linoleic acid yang tinggi, yaitu 69,6 % dan oleic acid 15,8%. Linoleic acid merupakan fatty acid omega-6 yang sayangnya tidak di produki oleh tubuh kita. Bebeda denga oleic acid yang merupakan fatty acid omega-9 yang diproduksi oleh tubuh. Kedua fatty acid ini baik bagi tubuh, tapi buat pemilik kulit oily dan acne prone sebaiknya memilih oil dengan kadar linoleic acid yang tinggi dibandingkan dengan oleic acid. Karena oil dengan kadar linoleic acid yang tinggi ideal untuk mengatasi masalah jerawat.

Begitupun dengan teksturnya, oil dengan kadar oleic acid yang tinggi biasanya lebih rich dan heavy. Bagus untuk mengatasi masalah kulit seperti dryness, aging ataupun hyperpigmentation. Sehingga oil dengan kadar oleic acid yang tinggi lebih ideal untuk jenis kulit kering ataupun yang sudah mature.

Product Claim

  • Merawat kulit berjerawat dan mencegah jerawat
  • Mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit
  • Non comedogenic, ampuh melawan komedo
  • Sebagai oil control
  • Membantu membersihkan breakout dan luka bekas jerawat
  • Kaya akan linoleic acid dan antioksidan
  • Cepat menyerap di kulit dapat digunakan sebelum menggunakan skincare sehari-hari agar mudah diserap oleh kulit
  • Menyembuhkan luka lebih cepat
  • Mengurangi luka bekas jerawat
Haple Grapeseed Oil
Keterangan dari Haple Grapeseed Oil

Bisa juga digunakan untuk rambut sebagai vitamin agar rambut lebih kuat, melancarkan peredaran darah, dan membantu pertumbuhan rambut.

Packaging

Dari semua oil yang pernah aku coba, terus terang ini merupakan oil dengan packaging paling oke menurutku.

Packagingnya dari botol kaca gelap dengan tutup botol yang secure dan unik menurutku. Jadi kalau ingin membukanya ga cukup dengan memutar lid botolnya saja. Tutupnya perlu ditekan dan diputar agar dapat kebuka.

Haple Grapeseed Oil
Packaging Haple Grapeseed Oil

Well menurutku unik sih dan nyaman yang pasti. Sayangnya kadang kala kalau tanganku lagi licin, agak-agak PR sih kalau perlu diputar dan ditekan. Haha. Tapi overall idenya bagus sih.

By the way, packaging luarnya juga lucu, dari kertas kardus gitu. Ngingetin aku dengan kemasannya Klairs Preparation Toner dan Benton Snail Bee EssenceΒ dan Benton Steam Cream. Lucu sih. Sayangnya di kardus ga ada tulisan grapeseed oilnya sama sekali. Hanya ada tanda bulatan bewarna kuning, merah dan orange sebagai penanda oil. Kalau kalian Cuma punya satu oil dari Haple ini sebenarnya sih ga masalah. Tapi berhubung yang aku beli kemaren ada 3 oil yaitu grapeseed oil, almond oil dan rice oil, jadi harus lebih hati-hati sih, biar ga salah ambil oil. hehe

Penanda oil pada kemasan Haple face oil

Texture

Jika dibandingkan dengan tekstur Trilogy Rosehip Oil, Trilogy Rosehip Oil Antioxidant+, The Ordinary Rosehip Oil, Goodness Chia Seed Oil, Antipodes Divine with Rosehip Oil, aku bilang kalau Haple Grapeseed Oil ini merupakan oil dengan tekstur yang pernah aku coba! Literally light. Jadi aku yakin banget ini bakalan cocok dengan oily skin

Haple Grapeseed Oil
Tekstur Haple Grapeseed Oil
Haple Grapeseed Oil
Tekstur Haple Grapeseed Oil
Haple Grapeseed Oil
Tekstur Haple Grapeseed Oil setelah di blend di kulit

Warnanya bening dengan sedikit hint hijau, dikit banget nyaris ga kelihatan sih kalau ga benar benar diperhatikan dengan baik. Tidak berbau, seenggaknya aku ga mencium bau aneh atau fishy seperti oil-oil yang sebelumnya pernah aku cobain. So nilai plus lagi buat oil ini!

How to use!

Untuk wajah : pakai 2-3 tetes sebagai dasar makeup (moisturizer) agar makeup tahan lama. Gunakan 4-6 tetes pada malam hari sebagai serum malam sebelum menggunakan daily skincare agar lebih menyerap.

By the way, kalau menggunakan lebih dari satu oil, gunakan dengan ratio 1:1. Gunakan dalam keadaan tangan atau wajah masih basah. Disarankan menggunakan Pure Rose Water.

(Instruksi dari Haple nya begitu, tapi aku pribadi menggunakanya di step face oil. Sama seperti face oil ku yang sebelum-sebelumnya, aku gunakan paling akhir, atau sebelum maskeran.Bukan di awal penggunaan skincare.)

Untuk rambut: gunakan sebelum kramas, diamkan 15-30 menit

(Well, aku ga pernah gunain di rambut, jadi aku ga bisa kasih komen apa-apa)

Pefomance

Saat Haple Grapeseed Oil ini datang, terus terang aku ga nyangka teksturnya beneran seringan itu. Walaupun dari testimoni dan literatur yang aku baca mengatakan kalau grapeseed oil itu super light sih, tetap saja masih kaget saat pertama kali di coba, hehe. Awalnya aku kirain teksutrnya mirip dengan chia seed oil, ternyata jauh lebih ringan dari Goodness chia seed oil.

Haple Grapeseed Oil

Tapi seperti biasa, walaupun teksturnya light dan aku rasa bakalan cocok dengan kulitku yang acne-prone oily skin , tetap aja Haple Grapeseed Oil ini harus melewati tahap wajib sebagai newbie pada skincare routine ku. Apalagi kalau bukan “patch testing”. Yep, semua skincare yang akan menjadi bagian di skincare routinku wajib melewati tahap ini. Untuk memastikan apakah produk ini benar-benar aman untuk kulitku.

Malam pertama aku hanya menggunakan Haple Grapeseed Oil ini pada beberapa jerawat aktif di daerah dahi dan juga dagu. Aku gunain selayaknya spot treatment, benar benar hanya pada daerah yang mengalami inflamasi saja. Setelah ditotol di kulit yang bermasalah, kemudian dengan memijit-mijit lembut dengan gerakan circular motion pada area sekitar daerah yang meradang untuk memperlancar aliran darah dan membantu penyerapan oil. Mijitnya beneran lembut, dan tidak di rub sama sekali.

Keesokan paginya aku beneran surprised karena hasilnya oke banget. Jadi jerawat yang awalya meradang tiba-tiba menjadi kering, dan sudah terasa tidak terlalu sakit. Bumps nya masih ada, tapi rasa sakitnya sudah tidak ada, dan mata putih nya sudah kering. Anyway, tipe jerawatnya yang pustulas dan papules ya. Tipe-tipe jerawat pernah aku bahas di Posisi Jerawat dan Kesehatan.

Surprised dan kagum sih karena kalau ada jerawat aktif biasanya aku atasi dengan bha, yang mana karena memiliki ph yang rendah, somehow penggunaan bha dapat membuat kulit menjadi sedikit kering. Dan berbeda dengan penggunaan benzoal peroxide yang membuat kulit benar-benar kering dan pecah-pecah pada jerawat dan area disekitarnya. Penggunaan grapeseed oil ini sama sekali tidak membuat kulit menajdi kering sama sekali which is good point lagi buat aku.

Black PumpsΒ –Β Red PumpsΒ –Β Gold Pumps

Apakah dia lolos ujian? Nope! Bagiku, patch testing seengaknya dilaksakan selama seminggu. Malam berikutnya aku mulai menggunakan grapeseed oil ini pada seluruh area dahi menggunakan Haple Pure Rose Water. Basically, karena teksturnya super light, sebenarnya ga perlu-perlu amat untuk mencampur oil dengan menggunakan air, tapi karena aku suka, jadi tetap aku pakai buat mix si grapeseed oil. hehe

Malam berikutnya aku cukup puas karena sisa-sisa inflamasi tapi sedikit-sedikit mulai kempes. Cara ini aku gunain sampai seminggu. Setelah seminggu aku rasa ga ada efek negatif seperti bruntusan atau iritasi sama sekali, minggu kedua aku coba lanjutin penggunaan pada seluruh wajah menggantika The Ordinary Rosehip Oil ku,

Efek di kulit yang aku rasain cukup lembap, walaupun ga selembap saat menggunakan rosehip oil sih. Tapi oke karena berbeda dengan oil yang lain, karena teksturnya yang ringan dan tidak terlalu lembap, aku jadi bisa melanjutkan face oil ini dengan moisturizer ataupun sleeping mask lainnya.

Tapi lucu nya, jika digunakan pada seluruh wajah, justru aku tidak merasakan efek yang signifikan pada jerawat-jerawat aktifku, jika dbandingkan digunakan sebagai spot treatment. Saat digunakan sebagai spot treatment efeknya jauh lebih kerasa. Aku ga begitu ngerti juga sih, bisa jadi karena gerakan circular motionnya atau memang lebih efektif jika digunakan dalam jumlah yang banyak.

By the way, tidak seperti anjuran Haple, aku menggunakan 4-6 tetes untuk pagi dan malam hari. Walaupun kulitku berminyak dan oilnya sebenarnya cukup melembapka. Hanya saja aku lebih suka saat kulitku benar-benar lembap seperti saat aku menggunakan face oil yang biasanya. Preferensi pribadi aja sih

Tapi buat yang kulitnya berminyak tapi tidak suka rasa lembap yang tidak berlebihan, aku rasa oil ini bakalan cocok untuk kalian. Tapi kalau kulit kalian kering, aku rasa sebaiknya menggunakan varian lain seperti almond oil.

Untuk klaimnya yang bisa mengatasi masalah jerawat dan mempercepat penyembuhan luka aku rasa sih di aku ga begitu ngefek yah, mungkin bakalan ngefek kalau di kombinasi dengan face oil lain, atau dengan serum lainnya, seperti vitamin c. Begitupun untuk klaim mencegah jerawat. Secara memang kulit aku super sensitif dan acne prone. Dan kalau yang namanya datang bulan atau life style nya mulai rewel, siap-siap aja bakalan muncul jerawat dan kroni-kroninya :’) Kendati sebenarnya aku ngerasa selama pemakaian oil ini aku jarang breakout sih, selama life style nya dijaga aja πŸ™‚

Sedangkan untuk klaim dapat mengeceilkan pori, aku rasa lumayan ngaruh. Dalam artian sebenarnya memperbaiki tampilan pori. Aku percaya kalau yang namanya pori sebenarnya tidak bisa bertambah besar ataupun bertambah kecil, karena memang pori tidak mempunyai otot. Yang bisa membuat tampilan pori yang bertambah besar ata kecil adalah sel kulit mati dan juga sebum yang terperangkap di dalamnya. Dengan oil kontrol yang bagus dan kondisi pori yang juga bersih akan memperkecil tampilan pori. Dan aku rasa memang didapat selama penggunaan produk ini karena aku ngerasa kalau oil ini mempengaruhi oil control di wajah. So aku setuju dengan klaimnya.

Selama penggunaan oil ini aku juga jarang mengalami bruntusan. Analisaku sih sama seperti sebelumnya, kemungkinan karena dia light, dan memiliki oil control yang bagus sehingga menyebabkan pori-pori bersih dari kulit mati dan kotoran yang menyumbat. Otomatis juga tidak menyebabkan clogged pore di kulit πŸ™‚

Dan menurut aku pribadi sih, kalau kamu penasaran rasanya menggunakan face oil dalam skincare routine, aku rasa grapeseed oil ini bisa jadi produk yang pas deh.

Price

Harga untuk 1 botol Haple Grapeseed Oil untuk ukran 30 ml adalah IDR 49.000,-

Sangat-sangat affordable banget kan, dibangingkan dengan oil-oil lainnya πŸ™‚

Repurchase?

Hm, bisa jadi sih, tapi berhubung aku lagi punya banyak face oil lain yang belum habis, kayaknya bakalan ngabisin face oil yang lain dulu deh ^^

Semoga membantu buat pecinta face oil πŸ™‚

 

–Β  Ayurifa

 

 

 

 

 

 

29 thoughts on “[Review] Haple Grapeseed Oil”

  1. Hai kak. Gembira banget bisa nemuin blog my kittybeauty, karena tipe wajah kita sama hehehe. Btw Aku mau ngasih feedback,
    menurutku ini beauty blog yg paling sering aku baca, karena pengaturan feed nya bersih ringkas dan lengkap.
    Tetapi aku masih bingung nih sebenarnya kamu melakukan layering pada skincare berdasarkan apa sih, tolong di bahas di blog yaaa? Karena aku suka bingung mau pake apa dulu. Dan untuk kedepannya kasih tips dalam membeli skincare biar duit tetap tebal. Hehehee
    Instagram @irfniarjb #sharewithme #sharewithyou #mykittybeauty

    1. Hallo Irfaniah πŸ™‚

      Terima kasih ya udah mampir.
      Makasi juga atas sarannya ya :). Untuk yang step layeringnya sudah pernah aku tulis di Basic Skincare Routine Irfaniah πŸ™‚
      Makasi juga udah entry giveaway yaa.. Good luck yaaah ^^

  2. Hai kak! Salam kenal. Pernah coba grapeseed oil dari organicsupplyco belum ya kak? Aku baru order satu, dan barusan nyampe. Kalau yang dari organicsupplyco ini dia warnanya lebih hijau dan ada bau manis pahit gitu kak, sadly karena aku baru pertama kali beli face oil jadi aku ga bisa bandingin itu memang wanginya kaya gitu apa gimana πŸ™

    1. Hallo Siw πŸ™‚

      Aku malah belum pernah nyobain yang organic supply co. hehe
      Grapeseed memang ada hint hijaunya. Kalau wangi buat yang haple aku ga bisa nyium. hehe
      Kok aku jadi kepengen nyobain yang punya nya organicsupplyco yaa πŸ™‚

  3. Iya kak, cobain dong.. ntar di review juga hehe. Aku confirm ke organicsupply nya katanya memang wanginya kaya gitu. Oya kak aku mau tanya kalau pake face oil overnight gitu besok paginya bersihin langsung pakai second cleanser apa gimana ya kak?

  4. Halo ka,
    Kbtulan aku juga udah bbrp lama punya grapeseed oil, jarang dipake sih, biasanya cuma kalo pas make up tebel aja kan jarang atau juga dicampur masker jadi ga rutin tiap hari dipake gt,

    Akhir akhir ini kulitku berminyak banget emang kukitnya berminyak cuma merasa makin berminyak aja pas pake salisilic acid / bha itu yg dari the ordinary,, trnyta nyebabin aga kring x ya makanya kulit produksi lebih minyak,,,

    Pas aku baca baca katanya bagus juga grapeseed oil buat moisturaizer atau serum ya pngen.coba,,,,

    Klw mnrt kk gmna itu apa stelah pake essence langsung pake grapseed ,,
    Atau stlah essence ,salisilic acid terus grapeseed terus ditambah pelembab yg biasa aku pakai atau gmna ya,,
    Aga ragu katanya salisilic acid kontaindikasi sama vit c sedang grapeses oil ada kandungan vit c nya jadi gmna ya mnding pake salah satu atau gpp coba dibarengin ya ka?

    1. Hallo Rosi πŸ™‚

      Kalau terlalu kering memang bisa bikin dehidrasisih, ujng-ujungnya bisa bikin greasy.
      Salicylic Acid nya pakai yang mana? Kalau dia exfoliating treatment atau exfoliating toner gitu dipakainya habis cleansing

      Urutannya : double cleansing > exfoliating toner/exfoliationg treatment > essence > toner > serum > moisturizer/oil (posisi moisturizer/oilnya bisa dibalik sesuai tekstur atau kegunaan)

      kalau yang contrary itu kandungan aktif dan kandungan aktif. contohnya salicylic acid tadi, atau kalau di vitamin c kayak l-ascorbic acid.
      Jadi gapapa kalau dipakai barengan selama dua-duanya memang cocok di kulit πŸ™‚

    1. Halo Ika πŸ™‚

      Well, harus di coba memang kalau mau tau cocok atau engganya. Secara as theory grapeseed oil memang oil yang aman dan memang cocok untuk kulit acne prone skin.
      Di coba aja di small area beberapa kali buat lihat reaksinya. Jangan lupa di patch tested yaa πŸ™‚

  5. Hai kak, salam kenal, aku lagi cari review haple di google dan kecantol di blog ini πŸ™‚

    kebetulan seminggu ini lagi pake grapseed, rice bran ama rose waternya haple..
    Pas 2 hari pertama sih oke, eh sekarang muncul banyak jerawat di pipi dan jidat, sakit, apa produk ini lagi detox ya.. πŸ™

    Jenis kulitku emang gampang jerawatan sih susah banget ilangnya udah coba segala rupa.. Tapi untuk klaim pori mengecil dan lembab emang terasa

    Waktu awal pake begitu juga kah kak ?

    1. Halo Nur πŸ™‚

      Hm, aku baru nyobain yang haple sih dan ga ada efek purgingnya setau aku.
      Sebaiknya cobainnya bertahap aja misalnya minggu ini yang grapeseed dulu sama rose water. Kalau misalnya memang ga ada reaksi negatif bisa coba di mix sama yang rice brine juga. Atau cobain di small area dulu biar tau ga cocoknya dimana πŸ™‚

      HTH

  6. halo kak. aku pemula yg bnr2 br mau mulai sm dunia skincare routine gt. aku mau tanya kl cuma cuci muka trus pake grapeseed oil aja trs bobo itu bener ga cara nya? makasyii kak

    1. Hallo Ita,

      Iya bisa gitu, kalau memang dirasa cukup, double cleansing trus trus dilanjutin sama face oil gapapa kok πŸ™‚

  7. Ka kalau pake nya abis double cleansing trs essence baru face oil gapapa? Dan apa harus pake rose water nya? Makasi ka

    1. Hallo Ara πŸ™‚

      Iya, bisa kayak gitu kok,
      Ga harus pakai rose water, tapi face oil biasanya akan lebih cepet menyerap dan bekerja maksimal ke kulit kalau kulitnya dalam keadaan lembab. Kalau ga mau pakai rose water, gunain aja sehabis cuci muka, tapi ga perlu keringin wajah terlebih dahulu πŸ™‚

  8. Kalo kulit kering tapi lagi bruntusan cocok pake grapeseed gak ya mba? Soalnya grapeseed lebih cocok buat kulit berminyak, dan Linoleic acid nya lebih tinggi. Sedangkan kulitku kering, yg katanya sebaiknya pake oil dengan oleic acid yg tinggi. Kulit kering tapi bruntusan nya lumayan banyak di jidat sama pipi πŸ™

    1. Hallo Nizmi πŸ™‚

      Sebenarnya gapapa pakai Grapeseed oil buat target bruntusan. Mungkin hydrating toner nya aja yang dicari yang lumayan heavy.
      Atau bisa juga pakai oil yang lebih heavy secara tekstur kyk rosehip oil atau avocado oil, nanti untuk bruntusannya di combine sm bha atau aha πŸ™‚

  9. Kak uda pernah nyobain purivera botanicals yg grapeseed oil belom. Aku soalnya lagi bingung mau beli yg haple apa yg botanical

  10. Assalamualaikum ka
    Ka aku mau cerita dlu nih, jdi wajah aku sensitif, ak gk opaham sama jenis kulit aku, kdng brubah ubah sesuai kondisi cuaca, nah smnjak kuliah di jogja wajah ak jdi kering, pdahal wktu di jkrta aku gk kering2 amat agak berminyak gtu, trs selama di jogja kering tpi gk kering2 amat msih wajar aj.. gk ampe neglupas gtu.. soalnya dibagian wajah di area T-Zone itu kek berminyak ya mngkin kombinasi jadinya.. tpi kanan kiri muka dekat jambang itu area situ selalu bruntusan, dan bruntusan di area jidat, pdahal ak ngerasa wajah ak gk berminyak amat tpi wajah ak suka bruntusan didaerah situ, trs pipi itu kering, tpi pori2 gede.. gk ngerti lagi aku.. udh gtu kalo stiap kena paparan matahari muka aku lngsng merah2, kdng suka gatel2, oh ya klo ak nyobain skincare juga gk bsa smbarangan, pasti stiap baru nyoba selalu bruntusan , trs gatel2 gtu.. pasti sensitif bgt.. dan jrang bgt ad yg cocok, mnurut kaka ini jenis kulit aku kek mana ya? Aku mau nyobain face oil tpi ak bgung face oil apa yg cocok dimuka ak?

    Oh ya ka btw kk tahu gk sogo di jogja dmna ? Ak mau beli the saem tpi gk mau olshop heheh.. makasih ka.. dimohon respondnya ka, butuh pencerahan ini

    1. Waalaikumsalam Shabilla πŸ™‚

      Hm, I am not really sure ya, tapi mungkin aslinya kulit kamu normal, karena berminyak dibagian tengah sebenarnya normal, tapi karena di Jakarta humid jadi agak lebih berminyak dan karena sekarang di Jogja lagi dingin dan kering cuacanya jadi agak kering juga kulitnya. Tapi itu kemungkinan yaa πŸ™‚
      Kalau bruntusan di area jambang, jawline atau jidat selalu bruntusan gitu kemungkinan ga cocok sama shampoo nya. Soalnya aku juga kayak gitu dan biasanya penyebabnya shampoo, πŸ™‚
      Kalau face oil bisa cobain yang dr Haple dulu menurutku, sesuain sama kebutuhan kulit yang kamu rasakan sekarang, kalau mau nyobain yang benefitnya lebih banyak bisa cobain trilogy. πŸ™‚

      Kebetulan aku ga tau Sogo ada di mana kalau di Jogja, hhe πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *