Beauty

For Skin’s Sake Vitamin C 20 Serum Concentrate

[Review] For Skin’s Sake Vitamin C Serum Concentrate

Berhubung tadi pagi adalah tetes terakhir dari botol kedua For Skin’s Sake Vitamin C serum. Ga ada salahnya dong aku bikin review dulu sembari membuka botol ketiga. πŸ™‚ Hihi. Sejak pertama kali launching bulan July 2018 lalu, Vitamin C Serum, Hyaluronic Serum dan Cotton Pad adalah 3 produk pilihan pertama yang aku cobain dari For Skin Sake. Dan hingga saatΒ  aku menulis artikel inipun, aku sudah repurchase beberapa kali produk-produk tersebut. Bahkan berlanjut juga nyobain Rose Quartz Roller, Project X dan Retinol Serum. Yang berarti aku dah nyobain semua produk dari For Skin’s Sakel. Brand baru tapi udah membuat aku nyobain seluruh rangkaian produknya, menarik bukan? πŸ™‚

For Skin's Sake Vitamin C Serum
For Skin’s Sake Vitamin C Serum

FSS, For Skin’s Sake

For Skin’s Sake atau yang dikenal dengan FSS memang brand baru di Indonesia. Brand skincare lokal yang memiliki konsep yang cukup unik menurutku. Berbeda dengan brand skincare lokal pada umumnya yang biasanya muncul dengan toner atau moisturizer, FSS pertama kali hadir dengan serum dan cotton padnya. Yang mana serumnya di klaim diproduksi di US dan cotton pad nya merupakan produk organic yang diproduksi di Jepang.

Pertama kali launching, For Skin’s Sake meluncurkan 3 serum, yaitu Hyaluronic Acid Serum, Retinol Serum dan Vitamin C Serum. Seperti yang aku bilang pilihan pertamaku adalah Vitamin C Serum, Hyaluronic Acid Serum dan Cotton Pad nya. Tenang, semuanya bakalan aku bikinin reviewnya kok, tapi untuk kali ini spesial buat For Skin’s Sake Vitamin C Serum-nya dulu yaa.

Claim

“Brightens dull, discolored and uneven skin tone.”

For Skin’s Sake meng-claim bahwa Vitamin C Serum ini dapat mengatasi masalah dullness, hyperpigmentation, sun damage dan fine lines. Vitamin C Serum ini juga mengandung hyaluronic acid untuk membuat kulit lebih plump, MSM sebagai collagen booster and calming agent. Serta vitamin E sebagai antioxidant.

Packaging

Untuk masalah packaging, udah deh, simple, clear, edgy. Ga brisik, ga ada gimmick tapi sangat-sangat informatif, baik di kemasan kerdus maupun di botolnya itu sendiri. Pokoknya seneng aja lihat packagingnya. Botolnya pun terbuat dari botol kaca yang gelap. Konsepnya bener-bener dipikirin. πŸ™‚

Texture

Berbeda dengan klairs yang bertekstur oily atau Votre Peau yang memiliki tekstur seperti gel, For Skin’s Sake Vitamin C ini lebihΒ  in between gel-watery texture. For Skin’s Sake Vitamin C Serum ini datang dalam kemasan 30 ml dan aman digunakan 6 bulan setelah dibuka. Karena aku suka dengan teksturnya, aku suka gunain agak banyakan di pagi hari. Karena berbeda dengan vitamin c kebanyakan, FSS ini sama sekali ga bikin kulit jadi kering. Malah cenderung lebih well hydrated.

How to Use

Apply 2-3 drops and massage into skin. Allow serum to sink in a few seconds before applying your other skin regime.

Bisa digunakan setelah hydrating toner. Tapi aku pribadi lebih senang mengaplikasikannya paling pertama setelah cleanser. Bisa juga digunain siang dan malam. Dan akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan Hyaluronic Acid Serum.

For Skin's Sake Vitamin C Serum
Keterangan For Skin’s Sake Vitamin C Serum

Ingredient

Aqua, Cassia Angustifolia Seed Extract, Sodium Ascorbyl Phosphate, Dimethyl Sulfone, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Tocopheryl Acetate, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Centella Asiatica Extract, Equisetum Arvense Extract, Geranium Maculatum Extract, Taraxacum Officinale Extract, Sodium Hydroxide, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin.

Impression

Punya love-hate relationship sama Vitamin C itu memang agak tricky sih. Disatu sisi kulitku butuh vitamin c sebagai antioksidan, mengurangi bekas jerawat dan mencerahkan wajah. Tapi disisi lain vitamin c, terutama L-Ascorbic Acid (LAA), punya kecendrungan tidak stabil dan gampang teroksidasi. Walaupun, sampai saat ini LAA masih menjadi jenis vitamin C yang paling potent dan powerful.

Semakin potent dan powerful suatu produk akan semakin cepat kelihatan efeknya di kulit, namun juga semakin irritating di kulit. Jadi selain kurang stabil, penggunaan LAA pada kulit sensitif juga cenderung irritating.

For Skin's Sake Vitamin C Serum
Tekstur For Skin’s Sake Vitamin C Serum

That’s why dari dulu aku ga pernah obsessed sama yang namanya vitamin c. Walaupun vitamin c banyak manfaatnya, tapi aku cukup tau kalau kulitku memang cukup sensitif. Sampai saat ini, Klairs Vitamin C Serum masih jadi salah satu vitamin c yang paling cepat kelihatan hasilnya yang pernah aku pakai sih, tapi seperti yang aku bilang di awal, semakin potent suatu produk maka biasanya akan semakin irritating. Ditambah lagi, walaupun Klairs bilang Vitamin C serumnya cukup stabil, aku ngerasain sendiri kalau serumnya cepat sekali mengalami oksidasi. Karena itulah aku ga pernah repurchased lagi sampai sekarang walaupun aku suka dengan hasilnya.

Serum Vitamin C lainnya yang menurutku pantas untuk dicoba dan affordable adalah Votre Peau Vitamin C Serum. Ini juga masih salah satu vitamin c favorit karena memang tolerable untuk kulitku yang sensitif. Kalau Klairs Vitamin C serum menggunakan L-Ascorbic Acid sebagai star ingredientnya, Votre Peau ini menggunakan Ethyl Ascorbic Acid sebagai main ingredientnya. Menurutku vitamin c dari Votre Peau tidak se-powerful Klairs Vitamin C, namun bisa dibilang lebih gentle untuk kulit sensitif. Walaupun kadang kala jika kulitku lagi sensitif, penggunaan Votre Peau Vitamin C bikin kulit jadi lebih kering dan sensitif.

For Skin's Sake Vitamin C Serum
For Skin’s Sake Vitamin C Serum setelah di blend di kulit

Dan finally, aku nemuin serum vitamin c yang menarik dan memang sesuai dengan kriterian kebutuhan kulitku. Gentle tapi efektif di kulit. For Skin’s Sake Vitamin C Serum ini menggunakanΒ Sodium Ascorbyl Phosphate (SAP) sebagai main ingredientnya. SAP adalah derivative atau turunan dari LAA yang memang bersifat lebih stabil.

Dengan konsentrasi 20% (sesuai namanya Vitamin C 20 Serum Concetrate) aku merasa cukup efektif di kulitku. Dengan pemakaian teratur aku ngerasa kalau FSS Vitamin C ini membantu dalam memudarkan bekas jerawat baik yang sudah lama maupun baru. Membuat kulit menjadi lebih cerah. Aku selalu gunain serum ini dipagi hari setelah menggunakan cleanser. To be honest aku ga pernah ngelakuin PH tes pada vitamin C ini, tapi biasanya SAP memang stabil dengan PH sekitar 6-7. Mungkin karena PH yang tidak terlalu rendah ini juga yang membuat ku sangat-sangat nyaman untuk gunain setelah cleanser.

By the way, selain PH yang stabil, aku juga ngerasa kalau Vitamin C ini sama sekali ga ngeringin di kulit. Malah cenderung bikin kulit jadi lebih plump. Wajar sih, karena aku melihat hyaluronic acid dan vitamin E berperan disana. FYI, penggunaan vitamin E bersamaan dengan vitamin C akan membuat vitamin C jadi lebih stabil loh.

Alasan lain kenapa aku lebih senang menggunakan di pagi hari adalah karena vitamin c yang bersifat antioxidant. Vitamin c dapat membantu peranan suncreen jadi lebih efektif.

For Skin's Sake Vitamin C Serum
For Skin’s Sake Vitamin C Serum

Jadi kalau tadi For Skin’s Sake bilang kalau Vitamin C Serumnya dapat mengatasiΒ masalah dullness, hyperpigmentation, sun damage dan fine lines. Aku setuju!!! Walaupun dengan catetan digunakan secara teratur. Aku pribadi baru bisa melihat efeknya setelah sebulanan pemakaian. Dan memang butuh komitmen jangka panjang sih untuk menghilangkan bekas jerawat. So, sabar ajaa πŸ™‚

2 Hal yang aku kurang sreg dengan FSS Vitamin C serum ini adalah, pertama dia ada excess-nya. Setelah 2 botol aku selalu nemuin problem yang sama dimana pada ulir botolnya selalu ada excess produk yang menggumpal. Mungkin di foto tiak terlalu kelihatan karena kalau udah menggumpal selalu aku bersihin. Tapi biasanya memang ada gumpalan pada ulir botolnya. Syukurnya sih ga ada perubahan bentuk, warna ataupun bau pada serumnya sendiri. Tapi please banget tutup botolnya dengan rapet kalau ga mau produk di dalamnya mengalami perubahan atau oksidasi.

Yang kedua, karena teksturnya sebenarnya walaupun watery-gel gitu, namun sebenarnya cukup kental. Kalau biasanya produknya sudah mau habis, sisa produk yang ada di bawah botol akan sedikit susah untuk diambil. JAdi memang butuh usaha extra untuk mengeluarkan seluruh isi produk πŸ™‚

Price & Where to Buy?

For Skin’s Sake Vitamin C Serum ini sudah dapat dibeli di website resmi mereka www.forskinssake.com atau di Benscrub. Harganya sama IDR 240.000,-

Pssstt… Kamu bisa gunain code voucher BABEAYURIFA untuk mendapatkan potongan loh di Benscrub. Lumayan banget buat berhemat πŸ™‚

Buy or Bye?

Udah mau botol ketiga nih beb, masa mau bye? πŸ™‚

-Ayurifa-

 

8 thoughts on “For Skin’s Sake Vitamin C 20 Serum Concentrate”

  1. Ini ph nya berapa ya? pertama kali aku nyoba vitamin c itu yang ost c20 dan phnya udah tinggi banget, alhasil pas aku nyobain vitamin c juicy nya klairs jadi udah ga mempan di aku. Liat dari desainnya kayanya sangat profesional. mbaknya udah pernah nyobain ost c20 belum?

    Lilian RP| unextraordinarybeauty.blogspot.com

    1. Hallo Lilian πŸ™‚

      Belum, aku belum ngetes PH nya, tapi biasanya SAP efektif disekitar PH 6-7. Nanti kapan-kapan aku coba tes deh yaa πŸ™‚
      Hm, mungkin maksudnya PH nya terlalu rendah ya? Soalnya setau aku OST C20 pakai L-Ascorbic Acid yang bisa efektif di PH sekitar 3.5.
      Ga mempannya gimana? Bikin breakout atau ga ngefek sama sekali?

  2. Packaging-nya gemes dan fotogenic banget! Aku maju mundur terus utk nyobain serum vitamin C FSS ini krn takut nggak cocok, tapi liat review-nya bagus melulu utk yg kulitnya kering. Pertama kali dengar ini dari Sara Robert, beauty vlogger yg suka sama ini juga. Liat review ini aku jd tertarik utk beneran coba Thank you for sharing!

    1. Hi Ruth!

      Iya, ini bisa banget kok dipakai untuk kulit kering πŸ™‚
      Ph nya sekitar 6-7 jadi ga bikin kulit jadi kering, ada vitamin e juga buat lembabin.
      Cobain patch test aja dulu, Semoga cocok juga ya πŸ™‚

  3. kan diatas dibilang makenya setelah cleasner, abis vit c ini dilanjutin sama hydrating toner lagi atau gimana? makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *