Beauty

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

[Review] Avoskin Miraculous Refining Toner

Harusnya aku review Avoskin Miraculous Refining Toner ini setelah 4 minggu pemakaian. Tapi berhubung kulitku malah breakout saat nyobain pertama kali, akhirnya aku stop penggunaan dan cobain lagi secara bertahap. Kenapa pas bikin breakout masih nekat nyobain lagi? Karena memang toner ini menggoda banget untuk dicobain.  Jika kamu familiar dengan skincare dan K-Beauty, mesti kenal dong dengan Some By Me AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner. Walaupun berbeda, namun Avoskin Miraculous Refining Toner menggunakan konsep yang hampir mirip dengan menggabungkan beberapa exfoliating agent yang berbeda (AHA/BHA/PHA), sama sama menggunakan Tea Tree dan Niacinamide dalam satu toner.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Avoskin Miraculous Refining Toner

Walaupun memiliki ingredient yang hampir mirip tapi kemungkinan besar berbeda. Biasanya perbedaan ini terdapat pada formulasi, tekstur, PH level dan juga besarnya konsentrasi yang digunakan pada produk tersebut. To be honestaku ga bisa bandingin sama Some By Me Refining Toner karena memang belum pernah pakai Some By Me sama sekali.

Avoskin Miraculous Refining Toner

Dari namanya aja sudah “Miraculous” tentu saja memberi harapan kalau produk ini akan memberikan efek yang “menakjubkan” juga di kulit. Ditambah lagi dengan state bahwa produk ini mengandung 5% AHA (Glycolic Acid), 1% BHA (Salicylic Acid), 2% PHA, 2% Niacinamide, 2% Tea Tree, Witch Hazel, Aloe Vera, Rasberry. Buat aku yang terbiasa menggunakan 1 active ingredient dalam satu regime merasa cukup amaze melihat jajaran ingredient yang ada dalam produk ini.

Selain itu Avoskin juga mengklaim bahwa produk ini :

“Baik digunakan untuk:

  • Mengeksfoalisi kulit
  • Mencerahkan warna kulit
  • Memudarkan noda hitam di wajah
  • Meratakan warna kulit
  • Mengecilkan pori, Melembabkan Kulit”

Packaging

Avoskin Miraculous Refining Toner datang dengan menggunakan botol plastik berwana coklat burgundy dengan ukuran kemasan 100 ml. Secara packaging menarik banget. Pilihan warnanya juga menarik. Direction di kemasan botol maupun box-nya pun jelas.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Avoskin Miraculous Refining Toner

 

Yang menjadi nilai plus dari kemasannya adalah botolnya sudah dilengkapi dengan stopper tambahan di dalamnya. Jadi cukup secured jika dibawa travelling.

Ingredient

Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Niacinamide, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamic Acid.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Packaging Avoskin Miraculous Refining Toner

 

Menuruku Avoskin sangat informatif karena bersedia menuliskan presentasi dari ingredient aktif yang digunakan 🙂 .

Mungkin yang sedikit membingungkanku adalah penggunaan PHA yang bersamaan dengan AHA dan BHA. Memang sih konsep mencampurkan AHA-BHA-PHA ini lumayan ngetrend belakangan. Cuma aku pribadi sedikit bingung karena PHA biasanya digunakan sebagai gentle exfoliating dan memang ditujukan untuk sensitive skin. Sedangkan kebalikannya AHA/BHA justru bersifat lebih potent dan irritant sebagai exfoliator. So jika berharap bakalan dapetin mild exfoliating dari PHA, sebenarnya sudah ada 5% AHA dan 1% BHA di dalamnya. Well ini tanda tanya bagitu sih.

Texture

Teksturnya very runny. Jadi beneran kayak air. Ga ada warnanya dan nyaris ga ada baunya sama sekali.

How to Use

After cleansing, take an appropriate amount on a cotton pad, swipe to the center of the face to the outer area in upward motion and let it absorb lightly. Avoid the eye area. No rinse needed. Use twice a day.

Impression

Di awal pemakaian aku ngikutin direction yang dianjurkan oleh Avoskin yaitu menggunakan kapas. Dan memang sih teksturnya yang sangat runny lebih cocok digunakan dengan menggunakan kapas. Tapi sayangnya diawal pemakaian kulitku langsung reaktif. terasa perih, merah dan panas hampir di selurh bagian area wajah. Padahal aku mengaplikasikannya dengan sangat gentle dan menggunakan kapas dari FSS (For Skin’s Sake). Jika kamu pernah menggunakan kapas dari FSS tentu kamu tau betapa lembut dan gentle nya kapas tersebut.

Rasa perih dan panasnya ngingetin aku dengan COSRX AHA Power Liquid dan Alpha A Gold liquid. Kedua produk tersebut cukup strong dan walaupun ga bikin kulitku jadi breakout tapi memiliki sensasi yang mirip yaitu perih dan berasa tingling. Mungkin untuk beberapa orang experience ini justru menyenangkan karena merasa kalau produknya sedang bekerja. Tapi untuk diriku pribadi sih, jujur, aku ga begitu suka dengan experience seperti ini.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Tekstur Avoskin Miraculous Refining Toner

 

Oiya, compared to Krave Beauty Kalelalu y-Aha. produk ini masih berasa lebih reaktif/irritant jika dibandingkan dengan Krave, walaupun secara konsentrasi Glycolic Acid yang digunakan Krave adalah 5,25% dan Avoskin ini menggunakan 5% Glycolic Acid.

Efek irritan yang ku rasakan kemungkinan juga dikarenakan ingredient aktif lainnya yang memiliki konsentrasi yang memang lumayan juga. Walaupun efeknya irritant (itchy, tingling and burning effect) nya lumayan, cuma efek itu ga lama kok. Kira-kira dalam 5-10 kulit akan mulai calm down. Redness pun akan pelan-pelan berkurang.

Dan meskipun Avoskin Miraculous Refining Toner menyebabkan kulit menjadi reaktif, perih dan kemerahan, tetapi bisa dibilang toner ini ga memberikan efek kering sama sekali. Beberapa exfoliating toner yang cukup potent biasanya diiringi dengan efek dryness di kulit. Walaupun toner ini ga menyebabkan kulit menjadi kering, aku saranin tetap selalu di layer dengan menggunakan hydrating toner yang bagus untuk mempercepat proses cooling down di kulit.

Avoskin Ultra Brightening Cream

Well, kesesokan harinya aku cukup amazed dengan hasilnya, kulit terasa lebih cerah dan lebih halus. Tapi sayang nya menjelang siang aku ngerasa kulit jauh lebih sensitif terhadap matahari, dan walaupun sudah menggunakan sunscreen, tapi aku tetap bisa ngrasain kalau rasa perih di beberapa area di wajahku. Dan benar aja, di beberapa area yang tadinya berasa perih (tulang pipi, dagu, pipi bagian luar) muncul bumps dan besoknya berubah menjadi jerawat. Bahkan di area sekitar mulut dan hidung mulai kering dan mengelupas.

Kesimpulan sementara ku waktu itu adalah kulitku mengalami over exfoliating. Aku tau persis kalau area tulang pipiku adalah area yang paling sensitif dengan acid, tiap kali area ini bereaksi apalagi sampai timbul jerawat, berarti sudah waktunya stop menggunakan exfoliator. Karena dalam satu kali pemakaian kulitku cukup reaktif dan experience nya tidak begitu menyenangkan, aku memutuskan untuk stop penggunaan Avoskin Miraculous Refining Toner. Walaupun Avoskin mengatakan bisa digunakan 2 kali dalam sehari, aku lebih memilih untuk “listening to my skin“.

Seminggu kemudian, ku beraniin diri buat nobain lagi, dan reaksi yang sama terulang kembali. Walaupun aku noticed, tidak separah sebelumnya. Perih, gatal dan merah. Namun bisa hilang lebih cepat dibandingkan penggunaan pertama. Keesokan harinya pun bereaksi sama, pada beberapa area yang berasa perih dan gatal muncul bumps yang diikuti oleh jerawat. Dan itu selalu terjadi di area jawline dan tulang pipi. Sedangkan area lainnya tampak lebih smooth.

Karena merasa kulitku masih belum siap menerima acid toner ini, lagi-lagi kuputuskan untuk stop penggunaan hingga seminggu ke depan. Harusnya aku ngikutin #4weekschallenge dari Avoskin. Tapi kenyataannya kulitku memang ga bisa mentolerir acid ini. Maksimal aku cuma bisa gunain sekali dalam seminggu, itupun diikutin oleh reaksi negatif.

Avoskin Miraculous Refining Toner
Kiri-Kanan : Sebelum penggunaan Avoskin Miraculous Refining Toner, ada beberapa clogged pores dan bekas jerawat – Saat menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner, kulit memerah hampir di semua wajah – Setelah menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner, secara tekstur membaik, tapi mulai timbul breakout, untuk bekas jerawat tidak begitu ada perubahan – Setelah beberapa kali menggunakan Avoskin Miraculous Refining Toner seraca rutin dalam beberapa bulan.

Berhubung masih penasaran, memasuki minggu keenam mungkin, aku coba gunain Avoskin Miraculous Refining Toner ini sebagai spot treatment di beberapa area yang sedikit kasar karena bruntusan. Surprisingly, hasilnya malah lebih kelihatan dibanding digunain semuka karena untuk beberapa area yang sensitif memang ga bisa mentolerir acid ini. Melihat reaksi ini aku jadi paham, kalau breakout yang selalu terjadi setiap penggunaan toner ini adalah hasil dari kombinasi dari kulitku yang memang sensitif terhadap acid, plus konsentrasi yang acid yang memang sebenarnya cukup tinggi untuk kulitku.

Memasuki bulan ketiga, setelah terbiasa menggunakan sebagai spot treatment, akhirnya kucoba lagi mengaplikasikan di seluruh wajah. By the way, kali ini aku ingin se-gentle mungkin. Jadi langsung menggunakan tangan, tanpa menggunakan kapas. Hasilnya jauh lebih baik. Kulitku ga seperih sebelumnya, plus ga semerah biasanya. Bagi yang kulitnya juga sensitif kayak aku bisa menggunakan cara ini, atau jika tetap ingin menggunakan kapas bisa gunakan di kapas basah yang sudah deluted sama air.

Kali ini experience nya jauh lebih menyenangkan dan efeknya juga lebih kerasa. Keesokan harinya tekstur kulit jadi lebih halus. Sepertinya AHA dan PHA nya memang bekerja dengan baik. Untuk masalah hyperpigmentation redness dan discoloration tidak terlalu kelihatan efeknya di kulitku (atau memang butuh waktu karena memang cuma bisa menggunakan sekali seminggu aja). Sedangkan efek tekstur lebih terasa.

So kesimpulannya, menurutku acid toner ini cukup powerful, untuk yang memiliki masalah tekstur mesti bakalan sangat suka karena bakalan memberikan efek yang nyata. Tapi jika kulitnya cukup sensitive, aku saranin, use as gentle as you can. bisa gunakan langsung tanpa kapas atau gunakan dengan kapas yang sudah deluted. Don’t be hurry, jangan terlalu sering, gunakan seperlunya aja. Bahkan sampai saat ini aku masih gunain maksimal seminggu sekali. Dan terakhir perbanyak hidrasi dan proteksi, karena itu adalah kunci!!

Listen to Your Skin!

Buy or Bye?

Harga Avoskin Miraculous Toner ini IDR 169.000,- untuk 100 ml. It’s such a powerful toner actually. Repurchase? Aku belum tau karena ga tau bakan abis kapan secara pakainya cuma bisa sekali seminggu maksimal. But I’ll keep using it for emergency purpose 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *