Perlengkapan Memelihara Kucing
Kitty

Perlengkapan Memelihara Kucing Bagi Pemula

Perlengkapan Memelihara Kucing Bagi Pemula

Hello hoomaan. Udah lama ya ga chit chat bahas tentang kucing. So kali ini aku mau nulis tentang perlengkapan memelihara kucing bagi pemula ya πŸ™‚

Aku nulis ini karena banyak dari temen-temen ku nanyain gimana cara memelihara kucing? butuh apa aja sih sebenernya? Kalau aku disuruh jawab sih aku bakal jawab KOMITMEN! Ciyee.. Kenapa komitmen? Karena kita harus siap dengan apa pun, bandelnya kucing, harus siap repot, ngasih makan, bersihin kandang, mandiin, bersihin kotoran, belum lagi kalau kucingnya sakit. So ya.. Yang paling penting komitmen. Kalau itu udah ada tinggal printilannya aja yang perlu disiapin πŸ™‚

Kalau buat yang pertama kali mau pelihara kucing mesti bingung banget kan perlu siapin apa, terutama buat yang ngekos. Harus siap buat berbagi ruangan dan beberbagi uang jajan buat makanan dan perlengkapan kucing. Jadi aku pisahin ya perlengkapan memelihara kucing yang (essential) dan perlengkapan memelihara kucing (additional).Β Dan perlengkapan memelihara kucing ini dapat digunakan buat kamu yang mau memelihara kucing persia dan kucing ras lainnya, maupun buat kamu yang mau memelihara kucing domestik.

Perlengkapan memelihara kucing (essential)

Perlengkapan memelihara kucing yang essential ini adalah perlengkapan memelihara kucing yang harus sudah ada saat pertama kali adopsi kucing, terutama buat anak kosan yang mesti spare ruangan dengan kucingnya. 😄

  • Makanan

Kalau makanan sudah pasti penting banget ya, manusia aja kalau ga makan bisa sakit. Nah buat yang baru mulai pelihara bisa mulai dari makanan basah sachetan atau dry food. Kalau ga ada bisa juga bikinin sendiri aja kayak ikan rebus, kuning telur rebus atau rebusan ati ayam. Jangan dicampur sama nasi ya, karena nasi mengandung karbohidrat yang ga diperlukan kucing. Juga jangan sembarangan memberikan makanan yang biasa kita makan pada kucing karena ga semuanya aman untuk dikonsumsi oleh kucing. Jika ingin tau makanan manusia apa saja yang berbahaya jika diberikan pada kucing dapat dibaca disini.

  • Tempat makan dan minum
Perlengkapan Memelihara Kucing
Tempat Makan dan Minum – Google

Tempat makan dan minum menurut ku adalah peralatan yang must have dimiliki oleh yang mau memelihara kucing. Ga perlu tempat makan baru kucing yang bentuknya imut-imut atau gimana gitu ya, cuma pastiin tempat makannya bersih dan ga nyampur sama tempat makan kamu. Jangan bekas tempat makan kamu kamu kasih ke kucing atau sebaliknya tempat makan kucing kamu pakai lagi buat makan 😒😒Tempat minum juga ya. Jangan pakai gelas yang sama ama kucing kamu 😉

  • Litter box dan serokan
Perlengkapan Memelihara Kucing
Litter box dan pasir – Google

Peralatan memelihara kucing lainnya yang ga kalah pentingnya adalah litter box (tempat pasir). Ini sangatlah teramat penting untuk menjaga kebersihan kucing dan juga kita sebagai owner.. Kalau aku pribadi sih ga suka liat kucing poop atau pipis sembarangan, kayak di luar atau di kamar mandi manusia. Aku lebih nyaman kalau mereka poop atau pipis sendiri di tempat yang gampang untuk dibersihkan sehingga kebersihannya terjaga. Buat yang baru melihara kucing, dengan punya litter box juga dapat membantu mengajarkan si kucing poop di tempatnya. 😉

  • Pasir

Pasir juga penting banget karena tanpa pasir, litter box nya jadi ga berguna. Pasir yang mau dipakai bisa pasir biasa, atau pasir krikil yang bisa dicuci, atau pun pasir wangi.. Aku pribadi sih lebih suka menggunakan pasir wangi yang sekali pakai karena biasanya pasir sekali pakai sehingga kebersihannya lebih terjaga jika dibanding dengan pasir biasa. Untuk pasir kerikil aku juga tidak terlalu suka karena biasanya teksturnya agak kasar dan tajam, sehingga kadang bisa ngelukai telapak atau pantatnya si kucing 😝😝

Perlengkapan Memelihara Kucing
Sumo Cat Litter wangi Jasmine – /www.dubaipetfood.com

Beberapa pasir wangi yang oke menurut aku adalah sumo dan cat sand. Teksturnya bulet, wangi, menyerap air, menggumpal dan gampang untuk dibersihkan. Sedangkan untuk merek lokal aku biasa menggunakan pasir wangi merek puss.

  • Kandang

Sebenarnya kandang bisa dikategorikan essential maupun optional. Buat yang mau melihara di rumah mungkin kegunaan kandang jadi penting ga penting sih. Tapi buat anak kosan, menurut aku penting banget biar saat ditinggal kucingnya ga ngacak-ngacakin kamar. Tapi yang perlu diingat sesuaikan ukuran kamar dengan kandang dan usahakan ukuran kandang cukup dan nyaman untuk diisi dengan kucing, litter box nya, tempat makan dan minum nya.

Jadi itulah peralatan kucing yang essential yang penting banget dimiliki di hari-hari pertama memelihara kucing menurut aku

Perlengkapan memelihara kucing (additional)

Sedangkan peralatan kucing additional, bukan berarti ga penting ya. Peralatan-peralatan ini sama pentingnya, cuma ga harus ada saat pertama kali adopsi kucing. Peralatan ini dapat dicicil di minggu-minggu berikutnya adalah

  • Sisir

Buat yang mau pelihara kucing persia ini penting banget karena yang sama-sama kita tau, kucing persia bulunya relatif lebih panjang dibanding kucing ras lainnya. Nah sisir ini penting untuk menyikat bulunya yang rontok dan membersihkan bulu yang gimbal. Aku pribadi selalu sedia 2 jenis sisir, yaitu sisir yang rapat untuk mengangkat bulu yang rontok, dan sisir yang pipih untuk merapikan bulu yang gimbal

Perlengkapan Memelihara Kucing
Sisir Kucing
  • Gunting Kuku

Eh emang kucing perlu gunting kuku? Emang kukunya dipotong gitu? Yap! Kucing perlu gunting kuku juga kayak manusia. Biasanya mereka suka garuk-garukin kukunya biar tajam. Nah kalau kukunya sudah kepanjangan sebaiknya dipotong, serutama buat kucing yang suka main di luar. Karena biasanya banyak kuman dan bakteri ngumpul di sana yang biasanya kebawa habis main tanah ataupun habis poop atau pipis di kotak pasir.

Gunting kuku yang digunakan juga harus dipisah ya dengan gunting kuku yang biasa kita gunakan. Jika kamu main ke petshop banyak yang jual gunting kuku untuk kucing atau anjing. Kalau aku pribadi menggunakan gunting kuku manusia aja πŸ™‚

  • Lint Rolling
Perlengkapan Memelihara Kucing
Lint roller untuk mengangkat bulu kucing yang menempel di baju, sofa atau tempat tidur – Google

Bentuknya mirip dengan lakban tapi dengan posisi kebalik (bagian yang ada perekatnya pada bagian luar dan yang halus pada bagian dalam. Fungsinya hampir-hampir mirip dengan sisir, tetapi Lint roller ini lebih berfungsi untuk mengangkat bulu kucing yang rontok yang menempel di baju atau di sofa atau di tempat tidur atau dimana pun bulu menempel dan susah untuk diangkat.

Salah satu lint roller yang bagus adalah yang merek Scotch Brite. Tapi karena agak mahal, sekarang aku cuma menggunakan lint roller yang unbranded dan hasilnya dalam mengangkat bulu hampir mirip kok dengan scotch brite πŸ™‚

  • Shampoo

Seperti halnya manusia, shampoo diperlukan untuk membersihkan bulu dari segala kotoran yang menempel. Apalagi buat kucing ras seperti kucing persia yang bulunya relatif lebih panjang sehingga butuh perawatan rambut yang lebih ribet dibanding kucing dengan rambut yang lebih pendek. Tapi tidak berarti juga kucing dengan rambut pendek ga butuh mandi ya πŸ™‚

Shampoo kucing pun ada bermacam-macam, ada shampoo yang dikhususkan untuk kucing dengan bulu yang putih, ada shampoo untuk membuat bulu halus, ada yang untuk membersihkan bulu dari kutu dan ada juga shampoo khusus medicated untuk perawatan jamur. Disesuaikan saja dengan kebutuhan si kucing.

Jika kamu cukup malas atau pun ga punya waktu untuk mandiin kucing, kamu bisa datang ke petshop yang menyediakan jasa grooming. Jadi cukup dititipkan, nanti kucing kamu akan dimandikan, dikeringkan, dirapikan bulunya bila perlu, pokoknya pulang-pulang dari sana si kucing bakalan besih, wangi dan ngegemesin. πŸ™‚

  • Handuk

Kalau ini sudah jelas ya, fungsinya untuk mengeringkan bulu setelah mandi :). Jangan pakai handuk yang sama dengan yang biasa kamu pakai ya. hihi

  • Hair Dryer/Blower

Sepake dengan shampoo dan handuk, hair dryer/blower fungsinya untuk mengeringkan bulu sampai kering. Ini penting banget buat kucing yang bulu nya panjang. Karena jika bulunya lembab bisa menyebabkan tumbuhnya jamur di kulit kucing. Buat yang punya kucing yang berbulu pendek, mengeringkan bulu dengan kipas angin juga sudah cukup untuk mengeringkan bulu kucing yang basah sehabis mandi

  • Parfum

Kalau ini sedikit penting ga penting sih. Jika kamu suka dengan wewangian bisa menyemprotkan parfum pada bulu kucing setelah mandi. Tapi jangan sembarangan ya. Pilihlah parfum yang dijual di petshop karena sudah pasti aman jika terjilat oleh kucing

  • Sikat gigi

Ini penting untuk membersihkan gigi kucing dari plak serta menyegarkan nafas. Tapi ga semua kucing nyaman untuk disikat giginya. Apalagi kucing dewasa yang ga pernah diajarin menyikat gigi dari kecil. Alternatif lainnya adalah pembersih gigi dan mulut yang berupa cairan, Penggunaannya cukup dituangkan diminuman si kucing πŸ™‚

  • Pet Carrier

Pet carrier adalah tas yang bisa digunakan untuk berpergian. Pet carrier ini menurut aku penting banget sih untuk menjaga keamanan kita dan si mpus kalo mau berpergian ke luar atau sekedar grooming atau check up ke dokter sih. Soalnya biasanya kucing agak takut panik di tempat yang ga biasa di datengin..

So, kira-kira itu perlengkapan memelihara kucing baik yang essential atau penting banget dipunya, dan perlengkapan tambahan yang sifatnya penting tapi bisa dicicil buat dimiliki.Β Salam meong πŸ™‚

IG: @mykittybeauty

twitter: @mykittybeauty

6 thoughts on “Perlengkapan Memelihara Kucing Bagi Pemula”

  1. Hai, pembersih gigi dan mulut yang berupa cairan ini merk apa ya? aku cari2 tapi gak nemu di petshop. di toko onlinejuga gak ada.

    1. Hai rhea πŸ™‚
      Maksudnya yang virbac kah?
      Kalau di jogja sih di pet gallery ada yang jual kalau itu..

  2. Sebelumnya makasih udah bagi2 infonya, mau tanya untuk pemakaian pasirnya digantinya dlm jangka waktu berapa lama kalau kucingnya juga BAK disitu? Terima kasih

    1. Hallo Putri,

      Kalau aku tiap hari mesti ganti pasir, soalnya kucingku juga ga suka kalau litter box nya udah kotor.
      Biasanya kalau udah kotor bgt langsung ganti πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *