Beauty

Makeup Routine for My Acne Prone Skin

Makeup Routine for My Acne Prone Skin

Belakangan sering banget mendapat pertanyaan via dm atau comment tentang makeup routine yang biasanya aku pakai dan aman untuk kulit yang jerawatan. Hm, actually it is hard for me to answer that question. Karena memang aku ga jago dan jarang banget makeupun yang full. Kedua karena kulit aku cukup sensitive dan dari sananya udah acne prone. Jadi ga mudah buat aku pribadi buat nyobain banyak produk. Tapi ada waktunya saat ada acara-acara tertentu diharuskan tampil lebih proper. So this is my makeup routine for my acne prone skin πŸ™‚ . Mungkin buat para makeup junkie, makeup ku ini akan mengecewakan sih :’)

Tapi, so far produk-produk yang aku gunain ini ga nimbulin reaksi negatif di kulitku.

Makeup routine for my acne prone skin
Makeup routine for my acne prone skin

Skin fact: oily-acne prone skin dan cenderung sensitif. Ga cuma area wajah, tapi area mataku juga sangat sensitif dan berminyak. Sedangkan bibirku sangat kering. Jadi semua efek produk yang aku jelaskan disini pure dari pengalaman di kulit aku yah. Efeknya tentu akan berbeda dengan jenis kulit yang berbeda juga πŸ™‚

Sunscreen – Votre Peau Sunshield

I know I know ini skincare! Haha. Tapi beneran deh ini tuh efeknya kayak primer gitu kalau diaplikasiin di kulit. Mau aku pakai makeup atau cuma pakai bedak aja, aku mesti pakai Votre Peau Sunshield ini. Sebenarnya buat sunscreen aku juga suka Emina Sun Protection dan Cosrx Aloe Soothing Suncream. Tapi dibandingkan yang dua lagi, suncreen nya votre peau ini yang memberikan hasil yang matte.

Kalau diaplikasikan di atas kulit efeknya matte, silky dan velvety gitu. Jadi bakalan enak buat dijadiin base sebelum pakai primer ataupun foundation. Sedangkan untuk aku yang kebiasaan pakai face oil, efeknya sedikit lebih glowy tapi bakalan matte kalau udah dipakain bedak. Buat yang suka males pakai suncreen dan ngerasa suncreen itu bikin greasy, cobain sunshieldnya votre peau ini deh. And you are gonna be love the suncreen.

Makeup routine for my acne prone skin
Makeup routine for my acne prone skin

Primer – The Body Shop Instablur

Punya kulit yang acne prone atau jerawatan apalagi berminyak memang biasanya membuat tampilan pori jadi lebih kelihatan yaa. Sebenarnya aku agak ragu awalnya apakah penggunaan primer itu cukup ngaruh atau engga. Berdasarkan kebutuhan kulitku, aku lebih prefer cari primer yang bisa menyamarkan pori dibandingkan yang hydrating ataupun mattifying. Kenapa? Karena foundation yang aku gunakan nanti sifatnya matte.

Nah, setelah melalui research yang cukup panjang, baca review sana sini, akhirnya aku putuskan buat nyobain The Body Shop Instablur Primer. Teksturnya kayak gel yang sudah kering gitu, silicone-y. Awalnya memang agak sudah diratakan di kulit, tapi kalau udah rata hasilnya kulit jadi haluuusss banget. Ga 100% bakalan menghilangkan pori kayak kalau pakai filter photo sih. Cuma hasilnya menyamarkan pori dan memberikan tampilan pori yang proper dan sewajarnya.

Karena teksturnya yang cukup tricky untuk digunakan, bisanya aku pakainya dikit aja, dipanasih dikit di jari, kemudian apply dan di dab-dab ke kulit dengan perlahan. Sebenarnya dia juga memberikan efek yang mattifying sih, cuma ga long lasting aja. Kayaknya efeknya bertahan hingga 4-5 jam penggunaan. Setelahnya minyak akan keluar dengan alami yang mana aku malah suka tampilan kulit yang glowy sehat dengan minyak alami di wajah. Hihi. Jadi aku ga ada masalah sama sekali dengan primer ini πŸ™‚

Dan yang paling bikin jatuh cinta tentu karena primer ini ga nimbulin reaksi negatif sama sekali di kulit aku. So love it!! πŸ™‚

Foundation

Revlon Colorstay for Dry Skin.

Tadi katanya kulitnya berminyak. Kok sekarang malah pakai yang buat kulit kering sih? Jawabannya adalah karena ga nemu yang buat oily skin. wkwkwk. Jadi waktu itu aku beli di Sociolla, tapi pas mau order, mungkin karena lagi sale yah, jadi tiba-tiba yang buat oily skinnya langsung pada habis ajah. Yaudah akhirnya aku beli ajah yang buat kulit kering ini. Hihi

Tapi surprisingly aku suka banget sama foundation ini. Walaupun targetnya adalah kulit kering, entah kenapa untuk kulitnya yang oily ini masih tetap memberikan tampilan yang matte. Aku ga pernah nyobain yang for oily skin sih, jadi ga tau apakah yang buat oily skin jauh lebih kering lagi atau finishingnya saja yang bakalan berbeda dengan formulasi yang berbeda? Aku ga tau sih.

By thy way sebenarnya pas beli aku salah shade. Jadi aku beli yang undertone-nya pink gitu. Tapi karena aku sebenarnya undertone nya netral dan pakai hijab jadi ga masalah. Untuk coveragenya medium to full coverage, tapi karena finishingnya matte, aku biasanya pakainya 1 layer aja, jadi tetap medium coverage. Lumayan menyamarakan pori. Diaplikasikan pun enak banget, bisa pakai brush, sponge maupun pakai tangan sekaligus ga masalah.

Yang paling keren sih masalah staying powernya. Ini gila sih, hasilnya matte dan beneran tahan seharian, walaupun kulitku oily dan malah pakai yang for dry skin, tapi tetep aja efek nya beneran seharian. Bahkan saat wudhu pun ataupun saat lagi keringatanpun foundie nya masih tetap stay. Dan lagi-lagi foundie ini tidak menimbulkan masalah di kulitku.

Makeup routine for my acne prone skin
Etude House AC Clean Up BB Cushion

Etude House AC Clean Up BB Cushion

Karena Revlon Color Stay tadi sebanarnya cukup berat dan terlalu matte buat aku. Akhirnya aku cari alternatif, sesuatu yang lebih light untuk kulitku. Dan ketemulah ini, Etude AC Clean Up BB Cushion. I am not a big fans of cushion actually, mau itu bb cushion, air cushion atau foundation cushion. Karena agak kurang suka saja sama konsepnya yang harus sering-sering dabbing spoge ke cushion. Karena kulitku acne-prone dan sensitive, terus terang masalah ini jadi sedikin concern buatku. Tapi beli juga karena bb cushion ini memang diperuntukan untuk kulit yang acne-prone. Hihi

Nah tapi setelah aku cobain ternyata Etude House AC Clean Up BB Cushion ini, ternyata memang cocok banget digunakan oleh acne prone skin sepertiku. Finishnya lebih ke semi matte finish. Coverage nya super light. Jadi jangan harap dapat menutup semua imperfection di kulit. Staying powernya juga lumayan menurutku. Walaupun ga selama Revlon tadi, kayak 4-5 jam mulai fading, Tapi makin lama makin kelihatan natural di kulit. Skin-like banget!! πŸ™‚

Apakah ini poreless? hm, lumayan. Pokoknya yang aku suka dari Etude House AC Clean Up BB Cushion ini adalah selain dia memang cocok untuk kulit sensitifku, ga bikin bruntusan, jerawatan atau reaksi apapun. Cushion ini juga memberikan tampilan yang natural dan sewajarnya πŸ™‚

Sebenarnya ada 2 foundation lagi yang aku suka banget finishnya yaitu Maybelline Fit Me Matte and Poreless dan Bourjois Β Healthy Mix Foudation. Finishnya bagus banget, skin-like gitu. Tapi sayangnya kalau kulit aku lagi ga oke dan kalau terlalu greasy atau dewy, kadang suka bikin bruntusan di kulit.

Powder

Untuk powder aku ga banyak nyobain atau nyari-nyari sih, karena aku sudah puas dengan 2 produk yang aku cobain. Yang pertama adalah Make Over Silky Smooth Tranlucent Powder. Dan yang kedua adalah dari Ultima II Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer.

Keduanya mirip-mirip sih. Teksturnya silky gitu, halus banget. Karena kulitku acne prone yang kadang bertekstur, kedua bedak sangat membantu untuk memberikan tampilan yang lebih smooth. Keduanya sama-sama mempunyai shimmer di dalamnya, tapi yang Makeover memberikan tampilan yang lebih light dibandingkan yang Ultima II. Yang Ultima II meskipunshimmernya sedikit lebih banyak dibandingkan yang Make Over, hasilnya sedikit lebih matte dan coveragenya sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan Make Over. Jadi kalau punya bekas jerawat yang memerah, bisa sedikit tersamarkan jika menggunakan Ultima II loose powder ini.

Staying powernya ga begitu wow, paling 3-4 jam udah mulai fading. Tapi untuk Ultima II, kalau lagi pakai foundation Revlon Colorstay tadi, staying powernya benar-benar long lasting seharian πŸ™‚

Decorative Makeup

Karena aku anaknya ga jago dandan dan memang sukanya yang simpel-simpel aja. Untuk produk decorative makeup pilihanku jatuh pada multi purpose produk seperti lip and cheek product. Favorite aku so far dari Rollover Reaction, BLP Beauty, dan Layn Cosmetic. Produk mereka karena memang multi purpose product, jadi aman jika digunakan di bibir, di pipi sebagai blush ataupun di mata sebagai eyeshadow ataupun eyeshadow base.

 

Makeup routine for my acne prone skin
Liquid lipstick local brand

Selain ketiga Brand yang sudah aku sebutkan tadi, aku juga menyukai LT Pro liquid lipstick dan wardah exclusive matte lipcream. :). Secara tekstur mereka juara, begitupun dengan harganya. By the way, selain Wardah exclusive matte lip cream, aku juga suka banget dengan wardah intense matte lipstick.

Tapi karena LT Pro Liquid Lipstick dan Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini memang hanya diformulasikan untuk bibir, aku hanya gunain dibibir aja. Walaupun sebanarnya bisa aja sih digunain buat pengganti blush maupun eyeshadow. Tapi aku prefer gunain untuk area bibir aja sesuai formulasinya.

Jadi untuk product decorative makeup aku lebih memilih yang simple yang bisa digunain untuk apapun. Tinggal di mix aja warnanya sesuai mood.

Eye Makeup

Aku punya mata yang berminyak dan sensitif. Produk apapun yang nempel di area mata seperti eye liner ataupun eyeshadow biasanya ga tahan lama. Kalau ga creasing, bisa smudging kemana-mana.

Sebelum gunain eyeshadow, aku gunain eye primer dari catrice. Warnanya nude, tapi saat di blend ke kulit jadi nyaris ga ada. Di aku sih efeknya bener bener bikin eyeshadow jadi ga creasing sama sekali.

Makeup routine for my acne prone skin
Eyeshadow

Untuk eyeshadow, selain menggunakan liquid lipstick tadi, aku biasanya lebih senang gunain single shadow dari catrice, atau cream shadow dari maybelline. Karena makainya gampang, cukup pakai jadi aja πŸ™‚

Sedangkan untuk pallete eyeshadow, aku cuma gunaian Tease Me dari Beauty Creation dan pallete colaborasinya Minyo bersama Nivea. Dua-duanya udah enak banget sih menurut aku yang ga bisa makeup ini. Pigmented, cukup gampang di blend, paling ya ngakalin fall out nya aja.

Untuk alis aku gunain eyebrow powder dari catrice. Enak sih, gampang digunain. Aku juga suka dengan eyebrow powdernya Emina. Bedanya yang Emina ada wax nya dan warnanya lebih warm dibandingkan dengan yang punyanya Catrice.

Nah utuk area mata yang sedikit perlu perhatian lebih. Kulit sekitar mataku benar-benar sensitif. Pernah beberapa kali salah produk bikin mataku bengkak, gatel, merah, dan juga pernah bikin jerawat di area waterline. Serem kan. Karena itu untuk area ini aku benar-benar berhati-hati.

Aku lebih senang gunain eyeliner pen dibandingkan dengan gel liner ataupun pencil liner. So far yang cocok, warnanya hitam dan ga bikin mataku iritasi adalah Smart Liner dari Mizzu. Sedangkan untuk Mascara aku gunain Push Up Drama dari Maybelline. Selain karena memang ada efek dramanya di bulu mataku yang super pendek dan tipis ini, Maybelline Push Up Drama ini juga salah satu yang aman di gunakan di area mataku πŸ™‚

Jadi itu aja maeup routine aku. Ga banyak dan ga ribet sama sekali. Kalau lagi proper aku pakai semuanya. Tapi kalau buat daily aku skip penggunaan primer, foundation dan juga eye shadow. Semoga membantu buat yang kulitnya sensitif dan kesusahan nyari makeup yang ga bikin breakout ataupun iritas. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *