Uncategorized

Fashion dan Personal Branding

Fashion dan Personal Branding

Jika kamu generasi mileneal mesti surah sering mendengar tentang personal branding. Personal branding atau yang sering dikenal sebagai self-branding adalah cara dan strategi dalam merepresentasikan value dan persona yang ada pada diri kita kepada orang lain. Persona itu dapat dilihat dari attitude maupun appearance berupa penampilan. Personal branding yang baik akan membantu kita menghasilkan impresi dan reputasi yang baik di mata orang lain.

Berbeda dengan pencitraan, personal branding justru menuntut untuk menunjukkan value positif dan unik yang memang ada pada diri kita. Dengan kata lain, self-branding tidak membuat kita menjadi fake atau dibuat-buat.

Cara Memulai Self-Branding

Self-branding dimulai dengan cara yang sederhana, yaitu dengan mencari tau dan mengenali diri kita dengan baik. Temukan passion dan hal unik yang ada dalam diri, kemudian kembangkan!.

Percayalah, siapapun kamu, apapun pekerjaan ataupun bidang yang sedang kamu geluti saat ini, baik digital, bisnis, maupun kantoran sekalipun, personal branding yang baik akan memberikan kesan positif dan juga reputasi yang baik.

Kuncinya ada pada attitude dan appearance tadi. Mana yang lebih penting? Dua-duanya penting dan saling mendukung. Saat reputasi baik sudah diraih, waktunya menunjukkan skill kamu yang sesungguhnya.

Attitude yang baik dapat dinilai dari tutur, pembawaan, sopan santun, dan juga dari cara seseorang berkomunikasi dan bertindak mengatasi masalah. Attitude tidak akan tercipta dalam semalam. Untuk memiliki attitude yang baik memang butuh praktek secara terus menerus.

Sedangkan masalah penampilan, justru jauh lebih cepat dan mudah untuk diciptakan. Kuncinya ada pada pilihan fashion yang digunakan. Pilihlah fashion yang memang sesuai dengan style dan selera kamu. Dan jika ingin self-branding kamu semakin kuat dan menarik, cobalah beri perhatian yang lebih pada hal-hal kecil berikut ini.

  • Kacamata

Sepertinya hampir semua orang akan sepakat bahwa kacamata akan memberikan kesan smart pada orang yang memakainya. Jika kamu memang pengguna kacamata, tidak ada salahnya kamu mulai memperhatikan jenis dan bentukan kacamata yang kamu gunakan. Pilihlah bentuk kacamata yang memang cocok dengan bentuk wajah dan juga karakter yang kamu miliki.

Kacamata dengan frame bold biasanya memberikan kesan kalau kamu memiliki kepribadian yang simple dan tegas. Sedangkan pemilik kacamata yang bulat atau yang biasa dikenal dengan rounded-glasses akan terkesan nyentrik namun kreatif.

Dan untuk menemukan kacamata yang cocok tidaklah susah. Cukup dengan mengunjungi optik mata terdekat kamu bisa memilih kacamata yang sesuai dengan fitur wajah dan kepribadian kamu.

  • Anting

Memang anting terkesan sederhana dan sudah sangat umum digunakan. Tapi jika kamu sedang berada di acara tertentu dan ingin terlihat berbeda, Menggunakan anting dengan design yang unik akan meninggalkan kesan yang menarik loh.

Berbeda dengan kacamata, variasi anting jauh lebih luas dan beraneka macam. Dimulai dengan model classic stud, yaitu model anting yang paling simple dan paling umum. Tassel earrings yang berupa rumbai-rumbai. Hoops earrings yang berrbentuk bulat dan besar Teardrops earirngs yang berbentuk tetesan air mata.

Ataupun ear cuff yang menempel bentuknya mengikuti daun telinga.

Pilihannya sangat banyak dan beragam, mulai dari bentuk hingga material yang digunakan. Ada yang terbuat dari benang, kayu, plastik hingga logam mulia dapat dengan mudah ditemukan di toko perhiasan, departement store maupun online seller seperti instagram.

  • Hijab

Terus gimana dong kalau pakai hijab? Ga bisa gonta-ganti kayak anting dong? Eits, jangan salah. Justu hijab bisa dijadikan sebagai salah satu media untuk memperkuat selft branding.

Hijab dengan bahan dasar katun paris akan memberikan tampilan dan kesan yang lembut, polos dan feminim. Satin maxmara dengan efek mengkilapnya akan cocok digunakan pada acara formal dan semiformal. Hijab dengan bahan dasar silk dengan gabungan polyester dan sutera nya akan memberikan kesan mewah. Bahkan jika kamu mau mengkombinasi hijab dengan antingpun bisa dilakukan dengan menggunakan turban.

Hijab relatif mudah didapat. Berbagai variasi harga dari puluhan ribu hingga ratusan ribu mudah didapat baik secara offline maupun online.

  • Jam Tangan

Selain berfungsi untuk mengetahui waktu. Menggunakan jam tangan akan memberikan kesan kuat bahwa kamu adalah orang yang profesional dan sangat menghargai waktu. Pilihlah jam tangan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian kamu.

Jam tangan klasik dengan tali kulit, silver dan gold akan memberikan kesan bahwa kamu orang yang simple, tenang dan ga neko-neko. Jam dengan tipe sporty akan merefleksikan bahwa kamu orang yang aktif, kreatif dan dinamis. Sedangkan smart watch akan memberikan kamu kesan sebagai orang yang dinamis dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Karena jam tangan adalah salah satu perhiasanatau asesoris yang tidak ada masa kadaluarsanya, mencari yang jual jam tangan wanita tidaklah susah. Cukup dengan memasuki toko jam dan perhiasan terdekat yang jual jam tangan wanita .

Bahkan semalas-malasnya pun, kamu bisa langsung browsing e-commerce ataupun seller yang jual jam tangan wanita di internet. As simple as that.

Dengan memilih dan menggunakan jam tangan yang tepat akan memberikan rasa nyaman dan meningkatkan kepercayaan diri.

Jadi untuk memulai self-branding tidaklah susah sebenarnya. Cukup dengan cara mengenali diri sendiri, cari tau value dan hal unik apa yang bisa kita tampilkan, representasikan hal tersebut melalui attitude dan juga penampilan. Selanjutnya tinggal memperkuat skill yang kita punya. Dan perhatikan hal-hal kecil yang memberikan kesan positif pada diri kita. ☺

–Ayurifa–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *