Beauty

[Beauty Recap] Kesalahan Penggunaan Skincare

[Beauty Recap] Kesalahan Penggunaan Skincare

Halloooo… Udah tahun 2017 aja yah. Resolusi tahun ini sudah tercapai berapa persen nih? hihi. Jadi kali ini aku mau cerita ya, tentang pengalaman aku tentang Kesalahan Penggunaan Skincare yang pernah aku lakukan. Kesalahan-kesalahan kecil yang tampaknya sepele namun bersifat fatal!. Jadi kayak catatan aja dan pembelajaran biar ga dilakuin lagi kedepannya. πŸ™‚

Jadi sebenarnya menggunakan skincare itu menyenangkan ya, karena jika dilakukan dengan tepat akan memberikan efek kulit jadi lembut, cerah, dan dapat mengatasi berbagai keluhan yang ada. Tapi apa jadinya jika dilakukan secara ngasal? You will see

Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal dalam penggunaan skincare yang pernah aku lakukan:

1.Β  Penggunaan Face Wash dan Face Scrub

Apasih face wash? Face wash adalah salah satu jenis cleanser, biasanya digunakan sebagai second cleanser. Bentuknya bermacam-macam, ada yang facial foam, ada yang powder, ada yang gel ataupun cream.

Lalu face scrub? Face scrub sebenarnya adalah salah satu jenis exfoliator. Di dalamnya terkandung butiran scrub dan ukurannya pun bermacam-macam dari yang kecil hingga besar. Fungsinya untuk mengangkat kulit mati.

Kesalahan Penggunaan Skincare
www.marieclaire.com

Dan kesalahan yang aku lakukan berawal dari praktikum lapangan saat kuliah. Jadi tiap semester, program kuliah di jurusanku mesti selalu berakhir dengan praktikum lapangan. Di semester-semester awal sih masih enak cuma sehari atau dua hari. Namun dari semester 3 hingga semester 8, yang namanya praktikum lapangan bisa sampai seminggu. Dan terus terang aja praktikumnya bukannya yang enak yang nginep di penginapanΒ  gitu. Engga!

Jadi tiap kali ke lapangan mesti di daerah yang ada singkapan geologinya atau pun di gunung api gitu. Nah disalah satu praktikum, sepertinya semester 3. Ada praktikum/kuliah lapangan gitu di daerah Bayat.

Sebelum berangkat ke lapangan biasanya aku suka belanja perlengkapan selama seminggu. Saat itu aku ga ngerti sama sekali dengan skincare sih. Jadi karena kebetulan face wash yang biasa habis, jadinya aku face scrub ini deh buat digunakan selama di lapangan.

Satu hal kebodohan terbesar aku adalah menggunakan face scrub sebagai pengganti face wash!Β 

Hal tersebut aku lakukan 2 kali sehari. Waktu itu aku ga ngerti bedanya face wash dan face scrub. Yang aku tau cuma yang satu bentuknya clear, yang satu nya ada scrub-nya.

Dan yang namanya menggunakan scrub berarti mengekfoliasi kulit!

Eksfoliasi kulit itu sebenarnya baik karena dapat mengangkat sel kulit mati dan sebaiknya dilakukan cukup 1-2 kali seminggu. Tapi kalau digunakan tiap hari apalagi sampai 2 kali sehari bisa mengakibatkan over exfoliating!.

Hasilnya? Dapat di bayangkan. Hari kedua aja kulit ku langsung merah-merah dan jerawatan. Awalnya mikir karena di tempat baru ajah dan scrub-nya masih terus aku lanjutin. Tiap hari mesti ada jerawat yangΒ  nambah. Muka pun jadi ancur.. Sedih banget kalau inget aku jaman itu.

2. Doing skincare remedy without knowledge

Ada masanya dulu aku pengen banget menggunakan produk yang natural. Yang home made ala-ala gitu. Kayaknya keren banget rasanya back to nature gitu. Dan yang paling menarik perhatian aku saat itu adalah mengganti cleanser dengan oatmeal!

Aku nontonin video youtuber yang berhasil menggunakan metode ini. Disebut-sebut oatmeal bagus sebagai anti-inflamasi dan anti bacterial. Bagus untuk acne prone skin seperti aku. Yang paling bikin aku semangat karena salah satu temen aku berhasil dengan metode ini.

Kesalahan Penggunaan Skincare
Oatmeal sebagai pengganti face wash – www.vkool.com

Udah mantep nih nyobain. First impression aku seneng banget soalnya kulit memang berasa lembut dan kehidrasi banget. Tapi sekitar semingguan pemakaian kok kulit aku malah mulai bruntusan gitu ya? Jerawatan. Gampang gatel dan sensitif juga.

Tapi dari yang aku denger dari temenku dari yang aku baca juga. Katanya penggunaan oatmeal sebagai skincare remedy memang ada efek purgingnya. Jadi semacam detox gitu buat ngeluarin kotoran yang ada selama ini. Yaudah kan aku lanjutin ajah

Udah sebulanan kok makin bertambah parah ya? Akhirnya aku hentikan penggunaan oatmeal tersebut dan aku balik ke metode milk cleanser dan face wash waktu itu (double cleansing). Bruntusan dan jerawat nya ga langsung hilang. Tapi seenggaknya ga separah sebelumnya sih

Nah setelah aku inget-inget lagi. Kesalahan aku adalah tidak melakukan double cleansing. Padahal aku menggunakan sunscreen!! Jadi ternyata oatmeal nya tidak dapat membersihkan makeup dan sunscreen. Karena aku memang jarang banget menggunakan makeup, jadi aku ga ngerasain kalau sebenarnya masih ada sunscreen yang menumpuk di pori-pori. Dan sunscreen tersebut tidak dapat langsung hilang oleh oatmeal.

Tapi, sekali lagi. Oatmeal itu baik banget sebenarnya untuk kulit dan tubuh. Jadi kalau tetap mau menggunakan oatmeal sebagai pengganti cleanser sebaiknya digunakan di pagi hari yang memang malamnya kita tidak menggunakan produk makeup maupun sunscreen. Aku kadang masih menggunakan oatmeal ini sebagai morning cleanser kalau cleanser ku lagi habis, atau dipakai sebagai masker. ini enaaaakk bangeetttt πŸ™‚

3. Tidak menggunakan sunscreen (setelah exfoliasi kulit)

Ini sih konyol namanya, tapi terus terang aku pernah ngelakuinnya. Pertama kali aku mulai telaten menggunakan skincare terus terang di awalin karena kulit wajahku bermasalah. Mungkin kalian pernah baca artikelku tentang kondisi jerawat di wajahku dan betapa sebenarnya aku cinta banget sama COSRX BHA A Sol karena bantu banget dalam mengatasi jerawat di wajahku.

Kesalahan Penggunaan Skincare
Tidak menggunakan sunscreen

Tetapi… Seperti yang orang umum ketahui dan dulu sering banget aku abaikan adalah wajib menggunakan sunscreen di siang hari!!. Dulu sih aku juga sudah pernah menuliskan pentingnya penggunaan sunscreen. Penjelasan yang paling sederhananya sih sunscreen ini yang melindungi kulit kita dari matahari. Saat sinar UV merusak kulit, yang rusak adalah sunscreen nya bukan kulit.

Nah kenapa aku bilang konyol? Karena tanpa menggunakan exfoliating treatment pun sebenarnya udah wajib. Pernah suatu hari, aku lagi buru-buru dan cuaca lagi mendung. Jadinya aku mikir “gapapa kali yaa ga pakee, mendung gini..” Padahal aku tau kalau sinar UV tidak tergantung dengan cuaca.

Dan hari itu aku lagi seneng-senengnya menggunakan COSRX BHAΒ  A-Sol karena memang kelihatan efek positifnya di kulit berjerawat ku. Dan, baru seengah jam di luar, kulit ku langsung terasa panas dan perih :'( Saat itu aku sadar yang aku lakuin konyol banget!! Udah ga perlu denial lagi kalau sunscreen itu wajib buat dipakai siang hari apapun alasannya!!

UPDATE: karena kemaren ada comment, aku mau memperjelas kenapa kalau pake BHA wajib pake suncreen ya:

Penggunaan BHA dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar mtahari. Ga cuma BHA sih, semua agent exfoliating kayak AHA, PHA ataupun physical exfoliating kayak scrub pun berpotensi meningkatkan sensitifitas kulit terhadap matahari.
Tapi terlepas mau pake exfoliant atau tidak sebenarnya tetap wajib pake sunscreen saat terekspos matahari. 🙂

4. Tidur dengan menggunakan sheet mask

I’m pretty sure kalau banyak yang suka sama yang namanya masker. Mau sheet mask, wash off mask, clay mask, atau sleeping mask karena memang penggunaan masker biasanya bersifat instan. Aku salah satunyanya. hehe

Sebenarnya yang paing enak selain sleeping mask adalah sheet mask menurutku. Karena pengaplikasiannya ga perlu dibilas. Dan bisa diaplikasikan dalam waktu yang cukup lama.

Kesalahan Penggunaan Skincare
Menggunakan sheet mask

Tapi ada satu hal yang sebenarnya keliru dan kemarenan cukup sering aku lakukan. Bukan karena sengaja atau konyol kayak kesalahan-kesalahan sebelumnya sih. Tapi karena ketiduran. hehehe. Aku tipe yang gampang banget ketiduran. Dan memang biasanya aku biasanya menggunakan skincare malam hari.

Basic skincare routine for acne and oily skin

Kenapa tidur dengan menggunakan sheet mask merupakan sesuatu kekeliruan? Karena menyebabkan penggunaan sheet mask jadi terlalu lama. Penggunaan sheet mask terlalu lama bahkan hingga mask yang menempel di wajah menjadi kering dapa menyebabkan kulit kita menjadi lebih kering. Kenapa? Karena saat sheet masknya sudah kering, sheet akan menyerap kelembaban alami kulit.

Jadi alih-alih memberikan kelembaban, penggunaan sheet mask yang terlalu lama bahkan sampai kering maupun ketiduran malah dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

5. Menggunakan clay/mud mask dalam waktu yang lama

Kalau sheet mask biasanya berfungsi memberi nutrisi pada kulit, clay/mud mask biasanya berfungsi mengangkat kelebihan minyak dan kulit mati pada pori-pori

Baca juga: Menard Pack Aserie Clay Mask

Nah kalau aja sheet mask yang fungsi utamanya memberikan nutrisi dan kaya akan essence jika dipakai dalam waktu yang terlalu lama dapat menyerap kelembaban alami kulit. Bagaimana dengan clay mask yang fungsi utama memang menyerap kelebihan minyak serta kotoran yang ada di wajah. Dapat dibayangkan kan?

6. Menggunakan Β masker pada Β wajah yang kurang bersih

Aku sering banget dapat pertanyaan ini. “masker itu digunakan di wajah yang sudah bersih atau belum sih kak?”

Di awal-awal penggunaan skincare dulu aku memang sedikit bingung sih sebenarnya masker itu posisi nya dimana pada skincare routine. Di awal banget sebelum cleansing atau justru sesudah cleansing.

Sebenarnya masker apapun itu baik yang clay mask maupun sheet mask ataupun wash off mask haruslah digunakan di kulit yang benar-benar bersih!!! Tapi kenapa???

Kalau untuk masker yang sifatnya menutrisi udah kebayang lah ya kalau sebenarnya ga ada gunanya sama sekali menutrisi kulit kalau pori-pori di dalamnya aja masih kotor. Mau essence sebanyak apapun dan sebagus apapun kalau kulitnya aja masih kotor, produk tidak akann dapat terserap dengan sempurna. Dan parahnya lagi hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti komedo maupun jerawat.

Bagaimana dengan clay mask? Fungsinya kan sebagai deep cleansing! Kenapa harus digunakan di kulit yang bersih????

Karena yang namanya clay mask tidak dapat digunakan sebagai pengganti first cleanser maupun second cleanser. Clay mask tidak dapat membersihkan makeup atau pun residu nya. Apalagi kalau makeup yang digunakan bersifat waterproof. Udah deeehh…

7. Menggunakan baby wipes untuk membersihkan wajah

Sebenarnya aku pribadi adalah seorang penganut ritual double cleansing. Rasanya gimana gitu kalau kulit wajah ga bersih sempurna.

Mungkin buat sebagian orang membersihkan wajah cukup dengan menggunakan baby wipes aja karena dirasa praktis. Tapi pengalaman pribadi ku sih, menggunakan baby wipes sama sekali ga membantu, malah biasanya setelah menggunakan baby wipes ini kulit ku jadi gampang jerawatan.

Kulit ku memang sensitif parah sih, acne prone juga. Jadi memang gampang banget buat jerawatan. Tapi terlepas dari itu semua, penggunaan baby wipes sebagai cleanser sangat-sangat tidak dianjurkan. Kenapa?

Baby wipes memang tidak dirancang sebagai makeup remover maupun cleanser. Walaupun setelah digunakan, kulit jadi kelihatan bersih, kenyataan baby wipes ga bisa membersihkan pori-pori wajah. Bayangkan aja selepas menggunakan makeup. Dari luar sih tampak bersih, tapi pori-pori wajah masih penuh dengan foundation πŸ™

Gerakan saat membersihkan wajah dengan baby wipes terlalu harsh untuk kulit wajah.

Jika memang terpaksa menggunakan wipes seperti saat travelling atau keadaan emergensi lainnya sebaiknya pilihkan wipes yang memang di desain sebagai makeup remover.

 

Jadi itulah beberapa point yang merupakan Kesalahan Penggunaan Skncare yang pernah aku lakukan. Dan terus terang aku menyesal banget udah ngelakuinnya. Untuk sebagian orang hal-hal ttersebut mungkin tampak sepele. Tapi untuk kulit ku yang super sensitif, acne prone-oily skin ini hal tersebut bisa menjadi masaah besar πŸ™

Bagi siapa pun yang membaca artikel ini semoga bermanfaat ya, πŸ™‚

Semoga kesalahan penggunaan skincare yang sifatnya konyol yang pernah aku lakuin ini tidak terulang padaku maupun pada kalian ya. Happy New Year!! πŸ™‚


Β “Tahun Baru Imlek 2017 akan segera datang. Di Zalora Indonesia, kamu bisa menemukan koleksiΒ baju imlekΒ yang sesuai dengan fashion style kamu”

IG: @mykittybeauty

twitter: @mykittybeauty

 

22 thoughts on “[Beauty Recap] Kesalahan Penggunaan Skincare”

  1. Aku tau pakai sheetmask sambil tidur itu ga baik, tp krn sering banget lg pake ga sengaja ketiduran T,T Next time better pakai sheetmask pas mata melek maksimal deh yah hihi.

    1. Haha. banget Nabil!!!
      Aku kalau sheet mask-an siang berasa kurang nendang aja efeknya, enakan malam. Tapi kalau dipakai malam malah suka bikin ngantuk saking rileks nya πŸ™‚ hihi

  2. Hay mba ayu, kebetulan nama sy jg ayu. Mau tny nih pemakaian wipes buat muka. Jd sebenernya yg ga boleh itu menggunakan wipes untuk cleansing atau emng wipes itu ga boleh digunakan buat muka (walaupun muka dlm keadaan bersih)
    Asal nya sy jg sering pake wipes, tp emng penggunaannya setelah first cleansing, kebetulan aku pake butter cleansing TBS, jd sebelum aku bilas pake air aku lap dulu muka nya yaa pake wipes itu…

    1. Hallo juga ayu. wah namanya sama πŸ™‚

      Kalau wipesnya digunakan untuk mengangkat produk cleansernya sih gapapa. Memang biasanya semakin rich dan tekstur suatu produk kyk cleansing balm atau cleansing butter memang makin bagus sih jd first cleanser tapi buat ngangkatnya dari wajah memang butuh effort jd butuh kadan wet cloth lagi..
      Yang ga disaranin itu yang menggunakan wipe sebagai first atau second cleanser, soalnya wipes aja tuh ga cukup buat angkat kotoran dan minyak hingga ke dalam pori πŸ™‚

      Eh btw, yang TBS ini bukannya bisa di emulsi ya cleansing butternya?

        1. Maksudku gampang beubah jadi milky gitu. Habis diolesin balmnya, terus pijat lembut sampai semuanya ilang, terus basahin tangan sama air, pijat lembut sampai minyaknya luruh, biasanya warnanya jadi putih susu gitu, sampai ga berasa oiy lagi trus bilas. gitu ayu πŸ™‚

  3. Mau komen yang poin 3.
    Penggunaan toner yang mengandung BHA memang harus(wajib) dibarengi sama suncreen karena BHA dapat meningkatkan sensitifitas kulit.

    1. Hallo yurice πŸ™‚

      Terima kasih comment nya. Iyap, bener banget, penggunaan BHA dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar mtahari. Ga cuma BHA sih, semua agent exfoliating kayak AHA, PHA ataupun physical exfoliating kayak scrub pun berpotensi meningkatkan sensitifitas kulit terhadap matahari.
      Tapi terlepas mau pake exfoliant atau tidak sebenarnya tetap wajib pake sunscreen saat terekspos matahari. πŸ™‚

      Makasi masukannya ya Yurice πŸ™‚
      Kayaknya statement ini aku tambahin di point no 3 biar lebih clear yaa πŸ™‚

  4. Halo ayu,
    Aku masih baru nih didunia perawatan wajah gini. Pengetahuan tentang skin care nya juga dikir banget. Mau nanya double cleansing itu kayak gmn ya?
    Aku kadang suka pake mineral water abis iru facial wah.. atau kadang2 facial wash abis itu toner.
    Itu gak sama ya sama double cleansing?

    1. Hallo πŸ™‚

      Double cleansing itu bersihin kulit dengan 2 tahap. First cleanser fungsinya dari semua kotoran, makeup dan debu. Dan bersihinnya hingga ke pori-pori. Ini sifatnya oil based makanya bisa ngangkat dan lunturin semua makeup hingga ke pori. Habis itu diikutin dengan second cleanser, biasanya bentuknya kayak face wash (kalau bisa hindari yang bentuknya foam ya..) fungsinya buat bersihin residu dari first cleanser.

      Kalau micellar water aja ga cukup menurutku, sebaiknya ikutin first celanser dan second cleanser lagi πŸ™‚

      1. Kalo kamu first sama second nya pake produk apa? Aku tipe mukanya mirip2 juga nih sama kamu kali aja cocok mau cari yg samaan hehheee..

        1. first cleanser sekarang lagi pake goodness breakout makeup balm
          second cleanser sensatia botanical acne clarifying cleanser.
          Tapi suka ganti2 juga sih, bisa main ke IG aku @mykittybeauty buat liat skincare routine aku ya, soalnya suka ganti2 sesuai keperluan aja πŸ™‚

  5. hai mbak, blognya baguss informatif, mau tanya kalau untuk double cleansing pakai micellar water boleh ga? misalnya buat bersihin sunblock/bb cream? makasih

    1. Hallo vivi πŸ™‚

      Hm, menurut aku sih micellar water ga bisa dikategorikan sebagai first cleanser atau second cleanser ya, soalnya karena dia water based susah buat bersihin ke pori-pori.
      Aku juga make micellar water kok, cm sebagai makeup remover sih, habis itu lanjut lagi dengan first cleanser yang oil based, baru second cleanser.
      Atau dipakai pas sore pas baru pulang ke rumah, atau lagi dijalan pulang ngantor atau kuliah gt gpp pake micellar water. Tapi kalau mau tidur dan mau lanjutin dengan night routine sebaiknya pake first cleanser yang oil based dulu πŸ™‚

  6. mau nanya nih sis.

    kalo misal pake agent exfoliatingnya itu cuma malem hari, tetep meningkatkan sensitifitas kulit di pagi hari ga?
    thanks before.

    1. Hallo Hasna πŸ™‚

      Iyap, tetap bikin senstifitas kulit terhadap matahari meningkat kok itu, apalagi kalau acid nya dalam konsentrasi tinggi dan ph yang rendah. Makanya setiap product exfoliating selalu disarankan untuk digunakan pada malam hari aja dan besoknya wajib menggunakan sunblock πŸ™‚

  7. Halo kak, kalo misalkan first cleanser harus oil based berarti pake minyak zaitun boleh ngga? atau kalo pake milk cleanser sbg first cleanser bisa ngga?
    Makasih kak

    1. Hallo kinanti πŸ™‚
      Rata2 cleansing oil memang ingredient utamanya olive oil atau coconut oil sih. Tp di ur dengan ingredient lain..

      Tapi aku pernah baca di female daily kalau langsung pakai olive oil tanpa di blend dgn surfactan atau oil2 lain bisa2 kalau ga bersih malah bisa nyumbat pori. Karna itu cleansing oil biasanya ttp ada campuran oil atau ingredient lainnya.

      Sebaiknya kalau ttp mau pakai di patch test dulu di kulit yaa πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *