Basic Skincare Routine for Acne and Oily Skin
Beauty

Basic skincare routine for acne and oily skin

Basic Skincare Routine for Acne and Oily Skin

Salah satu masalah kulit yang paling ngeselin adalah tumbuhnya jerawat. Terutama buat yang mempunyai kulit yang acne prone-oily skin kayak aku. Masalahnya menjadi double karena ga tidak cuma masalah kelebihan minyak di wajah, tetapi juga kulit jadi cenderung gampang jerawatan. Kali ini aku berbagi tips Basic Skincare Routine for Acne and Oily Skin yang sehari hari aku lakuin.

Seperti yang aku ceritakan sebelumnya di sini, muka ku mengalami jerawat parah di mulai dari bulan Januari. Di mulai dari jerawat normal, jerawat batu, bruntusan semuanya tumbuh berbarengan di wajah.Tapi aku memilih jalan tidak kembali berobat ke dokter.. Kenapa? Udah pernah aku tulis di sini ya alasannya..

Mengobati Jerawat!

Selama break out aku menyadari bukan hanya masalah pola hidup, pola makan, pola tidur, kesehatan dan iritasi saja yang mempengaruhi kondisi kulit ku namun juga masalah perawatannya. Karena sebelumnya aku merawatnya juga asal-asalan sih. Jarang double cleansing, males pake sunblock, cuma pakai pelembab, pakai masker pun sekali sebulan kayaknya. Memang apalagi yang harus dilakukan selain menggunakan pelembab? Well. yang aku lakukan adalah

  • Telaten melakukan basic skincare routine.

Dari yang dulunya cuma pakai pelembab, sedangkan sekarang, telaten melakukan asian skincare for acne-oily skin. Sebenarnya ini tidak cuma diperuntukkan untuk yang berkulit acne prone atau oily skin saja sih.

Step ini bisa dilakukan untuk semua jenis kulit sesuai kebutuhan. Cuma kebetulan sekali aku memiliki kulit yang acne prone dan oily skin. dan terbukti setelah aku telaten melakukan step perawatan ini kulit yang kemaren sempat break out parah pelan-pelan mulai calm.

RELATED ARTICLE: KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN SKINCARE

  • Istirahat yang cukup

Kalau ini sih udah rahasia umum ya kalau kebanyakan begadang bisa bikin berbagai masalah kulit sih. Di aku yang paling kelihatan banget ya hormon jadi tidak stabil dan jerawat di mana-mana. Dan semua itu dimulai saat aku mulai kebiasaan begadang pas awal nulis skripsi sih.

Jadi buat yang lagi nulis skripsi, sebaiknya mulai mengatur waktu dengan baik soalnya nanti bisa nyesel liat muka jerawatan. Malah stres nya jadi double skripsian dan jerawatan. Sorry out of the topic. Hihi

  • Minum air putih yang banyak

Kalau minum air putih sih fungsinya bukan hanya untuk kulit sih, tapi juga buat kesehatan. Nah dengan mengurangi minuman yang ada perasanya atau minuman bewarna dan memperbanyak minum air putih. Kerasa banget badan menjadi lebih segar dan kulit jadi ga gampang kering.

  • Rajin sheet masking dan Chizu Saeki Method

Sheet masking jadi kebiasaan baru bagi aku. Pas muka lagi parah-parah nya atau iritasi, perih, gatel, merah-merah. Sheet masking bisa jadi pertolongan pertama. Tapi minusnya dari sheet masking ya di budget. Hihi.

Untuk melakukan sheet masking tiap hari sih terus terang di aku boros banget. Sedangkan hasil dari sheet masking yang aku rasakan sih sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Alternatif lain yang bisa di lakukan adalah dengan melakukan CSM (Chizu Saeki Method). Efek nya mirip seperti habis melakukan sheet mask. Wajah terasa lebih segar, lembab dan kenyal. Cukup dengan bermodalkan kapas, air matang dan toner/first essence. Selain itu metode ini juga cukup dilakukan 5-10 menit saja. Jadi lebih hemat waktu dan budget. Cara ini juga cukup efektif kok. Kapan-kapan akan aku tulis cara ku melakukan Chizu Saeki Method ini.

 

Basic Skincare Routine for Acne and Oily Skin
Basic Skincare Routine

Basic  Skincare Routine for Acne and Oily Skin?

Pilihan ku jatuh pada Asian Skincare karena aku suka dengan cara skincare asia dalam memperlakukan wajah kita saat sedang bermasalah. Memang step skincare nya banyak dan berlapis, dan memang kadang bikin malas sih. Cuma aku merasa cara ini lebih efektif sih dibanding dengan cara aku biasanya mengobati jerawat.

Discount Voucher Sociolla : SBNLA0E6

Jika tidak ke dokter, biasanya aku suka nyoba obat jerawat yang ada di pasaran yang sifatnya ngeringin wajah sih. Tapi asian skincare ini beda. Mereka punya prinsip mengatasi masalah kulit seperti jerawat tidak dengan cara membuat wajah menjadi kering, namun menutrisi kulit sehingga keat mengatasi jerawat

Positifnya lagi, dengan melakukan perawatan berlapi tadi, kebutuhan kulit terjada, dan yang terjadi kita tidak hanya mengobati kulit yang sedang bermasalah saja, tapi juga menjaga kesehatan kulit yang sedang tidak bermasalah.

Buat Apasih Layering Banyak Skincare?

  1. First cleanser

    Bersifat oil based. Biasanya bisa berupa oil, cream, milk, gel ataupun butter/balm. Fungsi utamanya adalah mengangkat dan membersihkan muka dari make up, debu dan kotoran lainnya

  2. Second cleanser.

    Membersihkan residu dari first cleanser, menyeimbangkan PH kulit dan menyiapkan muka untuk skincare selanjutnya. Sebaiknya pilihlah clenser yang memiliki PH yang rendah/low PH cleanser dan bebas SLS. Karena SLS cenderung membuat kulit menjadi lebih kering dan dalam pemakaian jangka panjang, SLS dapat menyebabkan kulit gampang menjadi iritasi.

  3. Exfoliating toner

    Mengangkat sel kulit mati. Ada 3 jenis exfoliating toner. AHA untuk kulit kering yang bekerja pada permukaan kulit. Biasanya digunakan untuk memudarkan bekas jerawat atau dark spot dan juga sangat ampuh dalam mengatasi masalah whitehead. BHA untuk kulit oily, dan penetrasi nya lebih dalam hingga ke dalam pori. Cocok untuk masalah kulit seperti jerawat atau masalah pori seperti blackhead. Dan yang terakhir adalah PHA yang sangat mild dan cocok digunakan untuk kulit yang sangat sensitif.

  4. Booster/First Essence

    Seperti namanya, first essence atau booster ini bertugas meningkatkan kinerja dari skincare berikutnya. Jika selama ini kamu merasa sudah menggunakan serum yang canggih tapi tidak ada perubahan, kamu bisa mencoba menggunakan booster sebelum menggunakan hydrating toner.

  5. Hydrating toner

    Menghidrasi kulit. Teksturnya biasanya light dan gampang banget menyerap di kulit.

    Ini berfungsi sebagai mengembalikan kelembaban pertama setelah double cleansing maupun treament seperti exfoliating toner. Karena biasanya exfoliating toner bersifat kering, maka butuh sesuatu yang dapat mengembalikan kelembaban.

    Banyak yang tidak sadar dan bahkan malas menggunakan hydrating toner. Padahal bisa dibilang sebenarnya toner adalah salah satu skincare awal yang membantu penetrasi skincare berikutnya

  6. Serum/Essence/Ampoule

    Ketiganya agak mirip, tapi berbeda. Biasanya di lihat dari teksturnya. Memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dan biasanya lebih cepat menyerap dibandingkan dengan cream

    Serum/essence/ampoule ini penggunaannya dikonsenstrasikan pada masalah kulit contohnya kulit kusam, jerawat, brightening, anti aging, dll. Karena konsentrasinya tinggi, maka akan mengatasi masala kulit secara maksimal.

  7. Emulsion

    Pelembab ringan yang tekturnya berupa biasanya cair. Fungsinya memberikan kelembaban.

    Orang dengan tipe kulit oily biasanya menyukai pelembab dengan tipe ini, karena biasanya lebih cepat menyerap dan tidak menimbulkan kesan greasy di kulit. Namun kelemahannya, biasanya emulsion menahan kelembaban lebih cepat, jadi memang sebaiknya dilanjutkan dengan cream/heavy moisturizer untuk mendapatkan kelembaban yang lebih lama

  8. Cream (day cream/night cream).

    Ini pelembab ya. Teksturnya biasanya lebih kental dibanding dengan emulsion. Fungsinya sama dengan emulsion untuk memberikan kelembaban pada kulit. Tapi berbeda dengan emulsion, karena teksturnya yang thick dan menyerap lebih lama, cream dapat memberikan kelembaban yang jauh lebih lama dibandingkan dengan emulsion.

  9. Sunblock

    Digunakan untuk daytime. Fungsinya bisa sudah pernah aku tulis disini. Dan buat malam bisa diganti dengan sleeping maskFungsi dari sleeping mask adalah buat menyegel agar semua skincare yang kita gunakan.

Secara general pemakaian skincare step bisa seperti di atas. Skincare step di atas tidak saja diperuntukkan untuk mengobati jerawat, tetapi juga bisa digunakan untuk yang memiliki kulit berminyak, kering, kombinasi maupun yang merasa memiliki kulit yang kusam maupun aging. Perbedaan tergantung pada kondisi kulitnya saja. Jika merasa kulit berminyak gunakan produk-produk yang menyeimbangkan kadar air pada kulit berminyak. Atau untuk kulit kering pilih produk yang cocok untuk melembabkan kulit kering.

Seperti yang aku ceritakan tadi, aku pun mencoba mengikuti langkah-langkah Asian skincare for acne and oily skin ini. Hasil yang aku dapatkan adalah sedikit demi sedikit jerawat berkurang. Muka jadi lebih cerah dan halus. Hydrasi kulit terjaga dan minyak di wajah jadi terkontrol

Skincare regime yang biasa aku lakukan

Pagi:

– COSRX Low PH Good Morning Cleanser
COSRX BHA A Sol (kalau ada jerawat aktif)
Skinfood Black Sugar Perfect First Serum
– Benton TT Mist (pada area jerawat)
Klairs Supple Preparation Face Toner
– Lee Ji Ham Tea Tree Essence

Benton Snail Bee High Content Essence
COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power
Tosowong Propolis Sparkling Amploule
– COSRX BHA Emulsion
Benton Snail Bee High Content Steam Cream
– COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50

Malam

– Sensatia Unscented Sensitive Cream Cleanser

COSRX Low PH Good Morning Cleanser
COSRX BHA A Sol (kalau ada jerawat aktif)
Skinfood Black Sugar Perfect First Serum
– Benton TT Mist (pada area jerawat)
Klairs Supple Preparation Face Toner
– Lee Ji Ham Tea Tree Essence
COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power
Tosowong Propolis Sparkling Amploule
– COSRX BHA Emulsion
Benton Snail Bee High Content Steam Cream

COSRX Centella Blemish Cream
COSRX Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask / Laneige Sleeping Mask

Berikut basic skincare routine. Buat kamu yang sedang mengalami jerawatan, bingung cara mengobati jerawat, atau yang merasa mukanya kusam, oily atau kering bisa mencoba Asian skincare for acne and oily skin. Untuk produknya di sesuaikan dengan tipe kulit dan masalah kulit. Semoga membantu ya 🙂

IG: @mykittybeauty

twitter: @mykittybeauty

30 thoughts on “Basic skincare routine for acne and oily skin”

  1. Haii ayu, aku mau nanya, kalo seandaina akupake bha asol, trus tonernya benton aloe toner, gimana ya? Soalnya duaduanya bha. Atau kamu bisa rekomendasikan hidrating toner lain? Kulitku oily dan berjerawat di dagu sama kadang d kening. Thanks in advance ^^

    1. hallo hanum 🙂

      hm, setahu aku benton aloe bha memang bisa jadi hydrating toner sekaligus exfoiating toner, karena mengandung aloevera juga, asa dipakainya di pukpuk biar nyerap, bukan pakai kapas.
      tapi kalau sebelumnya udh pake cosrx bha a sol sebaiknya pake toner lain aja, soalnya sama-sama mengandung bha, takutnya over exfoiating walaupun hitungannya gentle sih.. 🙂
      atau bisa juga selang seling pakenya..

      kalau hydrating yang aku suka klairs supple preparation toner, kalau yang affordable dan ada di indo aku pakai hadalabo alpha yang warna merah 🙂

  2. hi ayu

    aku mau nanya dong, kalo cosrx pore minish serum dipakenya setelah hydrating toner apa sebelum? soalnya dia kan ngandung bha.

    apakah urutannya gini: bha toner > pore minish serum > hydrating toner > snail serum?

    1. Hai Cilla 🙂

      Kebetulan sekali aku belum pernah coba yang bha pore minish serum, tapi kalau dilihat dari kandungan dan fungsinya sepertinya dia exfoliating treatment ya,
      sebaiknya sih dipisah sama bha karena jatuhnya treatment, pakenya sebaiknya 2-3 seminggu aja pd malam hari.

      urutannya sebaiknya..
      toner> bha pore serum> lanjut skincare lainnya

      HTH 🙂

    1. hallo, wah itu terlalu luas ya, disesuain aja dengan jenis kulit dan concern masalah kulit kamu apa.

      yang pasti step yang ga boleh di skip itu double cleansing > moisturizing (toner & moisturizer) > protecting (suncreen)

      Untuk produknya disesuaikan sama jenis kulit dan kebutuhan serta sukanya apa ya 🙂

    1. Hai annisa. kalau aku pribadi selama udah meresap aja ya, langsung lanjut stepberikutnya,kecuali kalau mau pakai nicinamide dan vitamin c dalam satu regime, harus dikasih jeda antara niacinamide dan vitamin c nya seenggaknya 30-40 menit baru lanjut skincare lainnya 🙂

  3. hai kak salam kenal, aku lagi jerawat batu, yg menyebar ke daerah situ2 juga kak, apakah skincare routine kakak bisa membantu untuk jerawat batu? makasih kak

    1. halo naomi..
      daerah “situ2” maksudnya daerah mana ya?
      untuk skincare routine bisa check di IG aku @mykittybeauty ya, aku biasany update disana. soalnya aku suka ganti2 sesuai kebutuhan 🙂

  4. halo kak mau nnya itu tiap hr essence ny dipake ya ? saya liat essence ny byk kali ? haha
    LJH , cosrx , benton ?

    1. Hallo angelasanusi 🙂

      Essence yang mana ya? hm, tiap hari aku pakainya sesuai kebutuhan ajasih, bisa liat di IG aku mykittybeauty ya kalau mau liat skincare routine aku soalnya suka ganti-ganti 🙂

      1. Lee Ji Ham Tea Tree Essence
        Benton Snail Bee High Content Essence
        COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power

        itu essence diatas bukan dipake smua dlm satu hari ya sis ? hehehe

        trs mau nanya . roseship oil sis pke tiap hr ? itu untuk apa ya ?
        jadi klo muka lg berjerawat skincare step ny beda ya dr saat kulit lg gk berjerawat ?

        1. Aku ga langsung pakai sekaligus, kecuali kalau butuh, kalau yang cosrx snail aku pakai kalau kulit berasa kurang hidrasi, soalnya dia hydrating banget. Kalau yang benton snail kalau kulit lagi banyak jerawat. Kalau yang essence biasanya cm di area jerawatnya aja aku pake. jadi sesuai kondisi kulit ajah 🙂

          Kalau untuk rosehip oil, itu termasuk face oil. udah aku review khusus di Trilogy Rosehip Oil ya 🙂

          Iya, kalau aku pakenya tergantung kondisi kulit aja, kalau lagi kering tambahin yang sifatnya hydrating, kalau lagi berminyak cari yang ringan tapi tetap lembab in 🙂

  5. Halo aq mau nanya yg cosrx bha a sol itu boleh tiap hari ya pake nya ke seluruh area wajah
    Krn aq super duper berminyak banyak bekas jerawat yg masih menghitam dan ada flek juga
    Kondisi skrg jerawat msh suk tumbuh di dagu dan sesekali di sekitar rahang
    Mohon petunjuk pake apa aja ya

    1. halo vinno 🙂
      Boleh aja kok, aku pas breakout juga pakenya tiap hari, dia ga sampai exfoliating kok. Tapi aku pribadi seiring berkurangnya jerawat juga mengurangi pemakaian sih. Sekarang aku pakenya cuma di spot jerawat ajaa 🙂

  6. hai ayu, aku mau nanya. aku masih bingung bedain exfoliating ama hydrating. aku berminyak dan berjerawat, aku niat beli cosrx aha/bha clarifying toner untuk exfoliating toner, kira2 bisa ga ya? terus untuk hydrating toner yg rekomen memakai apa? terima kasih

    1. Hallo tia 🙂

      Kayak namanya, exfoliating toner untuk mengeksfoliasi kulit, kulit mati, baik yang di permukaan atau pun yang menyumbat di pori. Biasanya kandungannya aha, bha atau pha.
      Kalau tonernya ga ada kandungan aha, bha, atau pha dan sifatnya menghidrasi kulit berarti dia hydrating toner.

      Kalau hydrating toner kesukaan aku Klair. Sudah pernah aku tulis di Review Klairs Supple Preparation toner.
      Kalau yg murah meriah ada hadalabo juga kesukaan aku 🙂

      HTH

  7. Hai, salam kenal
    By the way, aku juga si oily-acne prone skin kaya kamu. Dengan skin care regime yang berlayer2 gitu bikin kulit kamu gatal2, merah2, dan muncul beberapa bumps tidak? Karena kalo aku sampe berlayer2 gitu biasanya jadi iritasi seperti itu. Atau kamu punya trik biar gak terjadi iritasi untuk bisa aplikasiin skin care regime berlayer2 bagi si pemilik kulit oily-acne prone? Trus, apa kamu termasuk clog prone juga? Karena ada beberapa ingredients yg emg bisa bikin pori2 jadi tersumbat dan akhirnya beruntusan, contohnya aja mineral oil gak cocok bgt di aku. Kira2 kamu clog prone juga kah? Karena biasanya pemilik kulit oily-acne prone disertai juga clog prone skin. Terima kasih.. 🙂

    1. Hallo crystal 🙂

      Iya, aku ada kecendrungan cloggged pore. Kalau ingre nya ga sesuai atau terlalu rich. Aku juga kurang cocok sm mineral oil.
      kalau untuk layering bikin iritasi tergantung produknya lagi kalau di aku. KAlau yg aku coba kalau skincare western gitu kalau untuk terlalu banyak layer emang kadang bikin bruntus, atau yang teksturnya terlalu berat juga biasanya bikin iritasi. Dan memang kalau yg korea di kulitku efeknya malah kebalikannya di kulit ku.
      Jadi biasanya aku liat kebutuhan kulit ajah.
      Apalagi karna aku pakenya campur western sm korea, biasanya aku liat kondisi kulit aku pas itu ajah 🙂

      Jadi patokan aku tekstur dan ingredient buat layering 🙂

  8. Halo kak ..
    salam kenal 🙂
    oiya kak, waktu pemakaian Benton Toner BHA itu kulit kakak ngalamin purging enggak kak? kayak misalkan jerawatnya bermunculan tapi cepat keringnya?
    trims kak 🙂

    1. Hai Sheila 🙂

      Hm, ga sih. Kalau BHA benton malah nyaris ga kelihatan efeknya di aku. Soothing tapi ga langsung berasa. Tipikal benton aja, pelan-pelan tapi calming sih 🙂

  9. waah sepertinya ini antara aku sedang purging atau break out atau juga karena aku langsung lepas obatobatan Dr.kun :'(
    Tapi aku coba dulu aja kali ya bertahan dengan si Benton selama 3bulan dulu heheee
    Karena obat dokter ityu bikin ketergantungan hiiiksshiikkss :’)

    1. Kamu konsultasikah sama dokter mau berenti obat? Soalnya setau aku ada beberapa obat itu yang harus pelan-pelan diturunin dosisnya biar ga ada efek negatifnya kalau dilepas 🙂

      Iya, bisa pakai benton. Jangan lupa buat patch testing dulu yaahh 🙂

    1. Hallo safira 🙂

      Wah kalau belinya macam-macam sih tempatnya ga di satu tempat. Kalau di IG biasanya aku tag yang jual. Kayaknya di mimo ready deh 🙂

  10. Halo, kulitku juga oily dan acne prone juga nih kaa, dan cenderung big pores juga. Ada rekomendasi skincare buat ngecilin pores ngga? Kemaren baru order roseship yg antioxidant+ sih, semoga aja bisa ngebantu hehe. Thankyou kaa sebelumnya

  11. Halo, kulitku juga oily dan acne prone juga nih kaa, dan cenderung big pores juga. Ada rekomendasi skincare buat ngecilin pores ngga? Kemaren baru order roseship yg antioxidant+ sih, semoga aja bisa ngebantu hehe. Thankyou kaa sebelumnyaa

    1. Hallo Nisa 🙂

      Setau aku pore ga bisa membesar atau mengecil ya, karena ga ada ototnya. Tp bisa kelihatan lebih kecil kalau bersih. Bisa cobain clay mask atau bha karena dapat bersihin pori 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *