Beauty

[Review] Votre Peau Vitamin C Serum

[Review] Votre Peau Vitamin C Serum

Kalau ditanya “Kak, serum vitamin c yang bagus apa yah?”. Jujur bigung jawabnya, pertama karena aku ga begitu banyak nyobain serum vitamin c. Kedua, karena aku ga “segitu tertarik” danΒ obsessed dengan serum vitamin c. Ketiga, kulitku termasuk tipe yang cukup sensitif dengan vitamin c. :). But lately, aku nyobain beberapa sih, kayak Klairs Freshly Juiced Drop Vitamin C Serum, Votre Peau Vitamin C Serum ini, dan juga Sensatia Botanicals Daily Facial C-Serum.

Votre Peau Vitamin C
Votre Peau Vitamin C

Khusus untuk Klairs Freshly Juiced Drop Vitamin C Serum sudah pernah aku review di IG aku @mykittybeauty dan di akun Female Daily aku @Aluno. Bisa mampir kesana yah kalau kepo pengen tau pendapat aku tentang Vitamin C nya Klairs. Kalau untuk yang sensatia, sabar yah. Kalau ada waktu secepatnya aku tulis πŸ™‚

Btw, selain 3 alasan di atas, ada satu lagi alasan kenapa aku ga begitu tertarik sama serum vitamin c sih, Hal ini karena serum vitamin C biasanya tidak stabil. Gampang ke oksidasi. Jadi memang rempong ya buk, harus simpen di kulkas, dan segala macem. Makanya aku rada males nyobain serum vitamin c, karena suka sedih kalau udah oxidized padahal produknya belum habisdan masih sisa banyak :'(

Terus, gimana nih dengan Votre Peau? Kebetulan aku udah pakeΒ udah 2 bulanan kali ya, dan paling sisa 2 pumps Β aja, jadi mau aku tulis disini deh pengalaman aku yaa πŸ™‚

Votre Peau

Pertama kali denger tentang Votre Peau ini tentu saja di Female Daily. Aku tertarik karena Brand ini asli dari Indonesia dan memang dibuat oleh seorang dokter kulit. Selain itu katanya sih produk ini sudah banyak digunakan di klinik kecantikan.

Well, kalau main-main ke website nya, Votre Peau ini sudah mengeluarkan beberapa produk, seperti. Votre Peau Sake Brightening Spray, Votre Peau Collagen Booster Night Cream, Votre Peau Facial Sun Shield, Votre Peau Vitamin C Serum. Dan seinget aku, vitamin c nya ini ada 2 jenis, yang satu yang aku pakai ini, yang satu lagi yang botolnya bewarna biru yang diperuntukkan untuk kasus yang lebih parah dan lebih pigmented.

Oiya, mereka juga mengeluarkan tool brush yaitu Votre Peau Dermasonic Cleansing Brush. Buat yang suka pakai brush tools bisa ceki-ceki, soalnya setau aku, tool brush yang merk luar harganya bikin nangis ya buukk. hehe

Kalau aku pribadi sih tertarik sama Sake Brightening Spray nya, Facial Sun Shield-nya dan juga Vitamin C Serumnya. Tapi karena Januari lalu aku sempat breakout yang parah, makanya aku mutusin buat cobain vitamin c serum nya dulu ajah πŸ™‚

BACA JUGA : Goodness Break-up Make-up Balm

Votre Peau Vitamin C Serum

Claim

Votre Peau meng-klaim kalau produknya dapat:

  • Merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen kulit, yang akan menjaga kekenyalan, kelenturan, serta kehalusan kulit.
  • Mencerahkan kulit ( brightening effect ). Tanpa efek samping yang merugikan.
  • Menyamarkan kerutan, kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Mencegah luka jerawat dan mengecilkan pori.

Jujur aja, kalau dari klaim nya ini, hal yang paling bikin aku tertarik adalah “mencegah luka jerawat”. Wow, it’s good point for me! Yha, namanya juga acne prone skin ya sis, concern banget sama yang namanya post inflammation.

Packaging

Pas pertama kali lihat menurut aku packaging nya classy banget yah. Sama sekali ga terlihat seperti produk lokal. Awal nya aku benar-benar mengira kalau produk ini adalah produk luar. Ternyata asli indo cyin. meskipun pas stalked IG nya dulu bilang kalau ingredientnya diimport dari luar yah.

Votre Peau Vitamin C
Votre Peau Vitamin C

So far, aku suka banget! Dari desain box yang lucu dan girly banget. Lengkap dengan keterangan produk dan ingredient. Ga ada tulisan yang mention kalau harus simpan di kulkas bla bla bla, so I assume, it is stable!. Botol nya juga oke banget karena dari kaca gelap yang mesti fungsinya untuk menjaga kualitas produk.

Aku sih suka banget. Btw. botolnya ukuran standart, 30 ml gaes.

Ingedient

Water, Propylene Glycol, Ethyl Ascorbic Acid,Β Hydroxyethylcellulose, Salicylic Acid, Alcohol, Tocopheryl Acetate, Sodium Benzolate, Tetra Sodium EDTA, Chlorphenesin, Fragrance.”

As you can see, Votre Peau Vitamin C ini menggunakan Ethyl Ascorbic Acid sebagai active ingredientnya.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis vitamin c yang digunakan oleh suatu produk. Kalau rajin baca ingredient produk, mesti pernah baca jenis ingredient berikut ini:

  • Ascorbic Acid (L-Ascorbic Acid)
  • Ascorbyl Palmitate
  • Sodium Ascorbate
  • Sodium Ascorbyl Phosphate
  • Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP)
  • Tetrahexyldecyl Ascorbate (THDA) (also denotedΒ Ascorbyl Tetraisopalmitate)
  • Ascorbyl Glucoside
  • Ascorbyl Glucosamine
  • Ascorbyl Methylsilanol Pectinate

Nah, nama-nama barusan adalah bentuk dari vitamin C. Yang paling sering kutemuin sih LAA (L-Ascorbic Acid) dan MAP. Nah kembali ke topik, Ethyl Ascorbic Acid ini sebenarnya merupakan turunan dari LAA, yang dimodifikasi agar lebih stabil. Seperti yang aku tulis di awal tadi, salah satu alasan aku males membeli/menggunakan produk vitamin c adalah karena sifatnya yang gampang teroksidasi.

Selain itu ternyata di produkΒ ini juga mengandungΒ salisylic acid juga yang memang efektif dalam mengatasi masalah jerawat.

Di list juga bisa dilihat adanyaΒ Tocopheryl Acetate atau yang dikenal juga dengan vit E. Efek yang diberikan oleh vit E biasanya adalah kulit menjadi lebih lembap. Selain itu aku melihat ada purpose lain sih, karena penggunaan vit E dapat membuat vit C menjadi lebih stabil.

Ingedient lain yang dapat dilihat adalah adanya alcohol. Aku pribadi bukan yang anti alcohol banget ya, karena sepertinya fungsinya untuk penetrasi. Selain itu kulitku ga begitu sensitif terhadap alcohol. Dan kalau dilihat dari posisi list ingredientnya, kemungkinan konsentrasi alcoholnya pun tidak terlalu besar.

Texture

Tekstur datri Votre Vitamin C Serum ini water gel based, jadi enak saat diaplikasikan di kulit. Saat di blend langsung terserap di kulit. Ada wewangian segar. Seperti citrus dan belimbing (menurutku yah :p). Memang kalau dilihat dari list ingredient tadi, produk ini mengandung fragrance.

Votre Peau Vitamin C Serum
Tekstur Votre Peau Vitamin C Serum
Votre Peau Vitamin C Serum
Tekstur Votre Peau Vitamin C Serum setelah di blend

Aku sih sebenarnya bukan orang yang anti fragrance banget, yang bikin kulit jadi sensitif banget. Tapi aku akan lebih senang menggunakan produk yang tidak mengandung wewangian. Akan tetapi, menurutku wangi dari Votre Peau Vitamin C Serum ini enak dan segar banget sih! Such an exception ajah wanginya. Ku suka πŸ™‚

Impression

Jujur yah, karena ini hasil rekomendasian dari Female Daily, tentu cukup berharap dengan produk ini.Β Ga segitu banyaknya sih sampai harus semua dark spot post inflammation bisa hilang. Harapannya sesimple agar tidak ada reaksi negatif di kulitku. As I mentioned before, kulit ku cukup sensitif dengan yang namanya vitamin c. Biasanya kulitku berasa cekit-cekit dan menjadi merah, ga sampai burning effect sih. Cuma ya aku personally ga begitu suka dengan efek seperti itu. “Kalau saat mengaplikasikan skincare bisa terasa lebih menyenangkan, kenapa harus terasa perih”, yha kan? wkwkwkw. Tapi itu opini aku aja kok.

Nah, bagaimana dengan Votre Peau Vitamin C Serum ini? Pertama yang perlu aku mention sih tekstrunya ya, aku sukaaaaa banget!!! Water gel based yang benar-benar langsung meresap di kulit. Karena ngeresepnya cepat, sebenarnya cukup lembap sih, tapi mungkin karena penetrasinya yang bagus, ga sampai berasa efek basah gitu di kulit.

Nah walaupun kulitku bertipe oily, tapi aku suka banget sih sebenarnya efek basah di kulit. Haha. Gegara teksturnya meresap dengan cepat, dan karena akunya suka, kadang aku makenya kebanyakan, biar kerasa efek lembapnya. Haha. Padahal sebenarnya 2 pump aja tuh udah cukup buat semua.

Wanginya juga seger banget, bikin rajin makenya πŸ™‚

Untuk efeknya di kulit bagaimana? Di minggu-minggu awal pemakaian bisa dibilang kulitku ga ada reaksi negatif sama sekali. Bisa aku bilang sih ini sangat gentle di kulit. Ga ada breakout maupun perasaan panas atau perih di kulit, tidak sepeti serum vit c yang sebelumnya pernah aku coba.

Tapi setelah lanjut beberapa minggu aku ngerasa kadang kulit ku agak sedikit perih jika diaplikasikan Votre Peau Serum Vitamin C ini. Entahlah, menurutku memang kulitku agak rewel sih belakangan. Mungkin agak sedikit terobsesi buat bersihin muka dari PIH setelah breakout dari bulan Januari (aku juga pakai COSRX AHA 7 Liquid untuk bantu exfoliasi).

Alhasil untuk pemakaian beberapa minggu berikutnya bolong-bolong, means ga aku pake tiap hari. hehehe

Untuk efeknya di kulit pun menurutku, untuk urusan PIH ga memberikan efek yang begitu kontras sih, dark spot pun masih stay here and there. Tapi untuk kesehatan kulit, bisa aku bilang serum iniΒ membuat kulit ku menjadi lebih kenyal dan memang memberikan efek cerah di kulit.

Untuk urusan mencegah jerawat pun di aku ga ngefek sama sekali. Jerawat mah masih suka tiba-tiba dateng. (well, emang kulit ku acne prone banget sih, jadi kadang kayak kurang tidur atau salah makan aja udah sukses bikin jerawat dateng πŸ™ )

Sampai pas mudik kemaren, Votre Serum Vitamin C ketinggalan, jadinya selama hampir dua minggu di rumah memang aku ga gunain sama sekali. Karena ga terlalu ngefek di aku aku ga begitu peduli ya, karena efeknya sama aja. Daaan, you know what, saking rewelnya kulitku, setiap kali aku mudik atau pindah kota mesti deh ada aja jerewi yang nongol.

Dan yes kemaren pas mudik kulitku sempat breakout!! Ga separah yang bulan Januari sih, tapi mungkin karena aku ga menggunakan skincare aktif sama sekali, bekas dan jerawat yang nongol pun ukurannya besar-besar. Dan yang paling sebel sih, ada yang menyisakan acne scar (bopeng di area pipi) plus warnanya pun hitam gelap. FYI, biasanya bekas jerawatku lebih ke redness dibandingkan dengan darkspot.. πŸ™ Padahal walaupun kulitku gampang jerawatan, wajahku ga pernah punya scar kecuali dari bekas cacar.

Berhubung pasrah, yaudahlah ya. Sesampainya di Jogja, aku iseng nyobain skincare yang emang ga sempat aku bawa mudik. Salah satunya Votre Peau Serum Vitamin C ini.Β Berhubung memang mau habis, jadi agak rajin nih pakenya, 2 kali sehari. Well, kulit aku memang masih tetap sensitif, masih sedikit perih di beberapa area. Tapi surprisingly, acne scar yang tadinya aku kirain bakalan jadi bopeng malah mulai naik dan dark spotnya pun memaudar! Whoaa

Aku ga predict sama sekali sih. Baru deh aku nyadar kalau produk ini sebenarnya bagus banget untuk kulitku!!

Setelah aku analyse, kenapa PIH yang bulan Januari ga begitu ngefek, mungkin karena bekasnya memang udah cukup lama. Sedangkan untuk yang pas lebaran ini bekasnya cukup baru, makanya efeknya lebih kerasa di kulit.

Dan kulitku dari dulu memang udah cukup sensitif dengan yang namanya vitamin c. Jadi memang wajar kalau kadang saat diaplikasikan terasa sedikit perih. Tapi for sure, perihnya ga ada apa-apanya sih dibandingkan vitamin C lain yang sebelumnya pernah aku gunain. hehe

Apakah ini gentle dan aman untuk kulit sensitif? YES!!

Dan satu hal lagi yang bisa di mention, kalau produk iniΒ terbukti memang stabil karena sampai aku nulis artikel ini (which is cuma sisa2 pumps πŸ™ ), produk ini tidak oksidasi sama sekali. padahal aku nyimpennya di suhu ruangan biasa. Jadi ya! satu lagi nilai plus buat Votre Peau Vitamin C ini πŸ™‚

Verdict

I highly recommend this Votre Peau Vitamin C buat kamu yang pertama kali nyobain vitamin C, ataupun yang kulitnya cukup sensitif. Bisa di coba dari Votre Peau ini dulu. Hasilnya ga instan sih (aku pribadi ga percaya malah dengan skincare yang hasilnya instan. hehe), tapi layak banget buat di coba!

7 thoughts on “[Review] Votre Peau Vitamin C Serum”

  1. Lagi nyari pengganti Klairs yang lumayan affordable, penasaran juga sih sama Votre Peau. Yang ini nggak ditulis ya berapa kadar persenannya? Kalo water based dipakenya tetep setelah cleanser kan? Yang The Ordinary kalo gak salah sama bahannya, tapi oil based gitu jadi rada bingung nge-apply kapan, wkwk. Ditunggu review vitamin C lainnya πŸ˜€

    1. Hallo Mia πŸ™‚

      Hm, kalau persentasinya kayaknya ga ada deh, ntr deh aku cek ubek2 lagi yah, kalau nemu aku update πŸ™‚

      kalau buat pakainya aku pribadi senengnya pake habis toner soalnya kulit aku ga kuat pake habis cleanser, jadi kering dan perih. Yang klairs aku juga biasanya pakai habis toner. hehe.
      Kalau ordinary banyak yang ngeluhin tekstrunya yah. hehe
      Cuma si klairs kan pakainya LAA yah, kalau ini Ethyl Ascorbic Acid, kalau menurut aku dari tingkat efektifitas yang LAA lebih powerful sih, kalau yang ini lebih gentle dan stabil aja menurutku Mia..

  2. Halooo Kak, saya Ghina dari marcomm Elsheskin local beauty and cosmetics brand, kami terterik dengan blog Kakak terutama ttg review beberapa produk kecantikan, kami menawarkan kerjasama lebih lanjut, kalau Kakak berminat silahkan di check via email ya Kak, terima kasih banyak…. Elsheskin wait for the good news.. πŸ™‚

  3. Kak aku mau tanya deh vit c ini bisa dipake tiap hari apa engga sih? Ini kan ada salicylic acidnya kan ya aku gak jerawatn sih cuma ada pih aja. Baru mau tambahin serum buat regime. Kira2 bisa over exfo gak ya kalo pake ini? Makasih yaa

    1. Hai firanti πŸ™‚

      iya, gapapa kok, walaupun ga ada keterangan ttp konsentrasi utamanya di Ethyl Ascorbic Acid. fungsinya untuk bersihin pori. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *