Menard Pack Aserie Clay Mask
Beauty

[Review] Menard Pack Aserie Clay Mask

[Review] Menard Pack Aserie Clay Mask

Hallo ladies. Ga kerasa ya kita udah nyampe bulan Desember ya. Berarti mendekati penghujung tahun. Sedih 😢. Nah pada artikel kali ini aku mau share tentang sesuatu yang biasanya paling disukai cewe-cewe daam ritual skincare, karena biasanya dirasa hasilnya lebih instan jika dibandingkan dengan skincare yang lainnya, hehe. Pada suka maskeran mesti kan? Nah, aku mau nulis honest review aku tentang Menard Pack Aserie Clay Mask.

Menard Pack Aserie Clay Mask
Menard Pack Aserie Clay Mask

Apa itu Clay Mask?

Seperti yang kita tau, masker merupakan salah satu skincare yang hasilnya cukup instan. That’s why rata-rata cewe pada suka maskeran. Sudah semacam ritual memanjakan diri. Maskerpun banyak jenisnya, yaitu:

  • Wash off mask, yaitu jenis masker yang biasanya diaplikasikan selama beberapa waktu di kulit. Fungsinya bermacam-macam sesuai komposisinya. Ada yang fungsinya mencerahkan, menutrisi, melembabkan, detoksifikasi, mengencangkan, dll. Masker jenis ini gampang ditemuin di supermarket. Kalau males beli tinggal bikin sendiri dengan bahan yang ada di rumah πŸ™‚
  • Peel off mask, yaitu masker biasanya didiampak beberapa menit di wajah sampi mengering, kemudian di-kletek, what di kletek? you know what I mean, di peel-off gitu lah. hehe. Masker jenis ini biasanya fungsinya buat menangkat kulit mati ataupun komedo. Resep paling sederhana unuk masker jenis ini adalah masker putih telor. Oiya, karena cara pakainya di peel off gitu, ini termasuk jenis masker yang exfoiating ya, jadi tidak bisa digunakan setiap hari. Cukup 2-3 kali seminggu.
  • Clay mask. Seperti namanya, masker ini mengandung clay sebagai kandungan utamanya. Fungsinya detoksifikasi dan deep cleansing. Buat membersihkan pori-pori lebih dalam.
  • Overnight mask, yaitu masker yang dapat dipakai semalaman. Digunakan pada step terakhir dari skincare routine. Fungsi utamanya untuk mengunci semua skincare yang sudah digunakan sebelumnya agar terserap sempurna. Meski begitu, tiap overnight mask mempunyai fungsi-fungsi tambahan sesuai dengan kandungan utamanya. Salah satu overnight mask kesayangan aku yang cocok banget untuk kulit acne-oily prone adalah COSRX Ultimate moisturizing honey overnight mask πŸ™‚
  • Sheet Mask. Mungkin masker jenis ini yang paling gampang dan paling disukai banyak orang. Selain karena gampang banget buat ditemuin. Masker jenis terbilang sangat praktis karena tinggal templokin aja di wajah yang bersih, diemin beberapa menit sambil tiduran dan kelaarrr. Sisa essence yang ketinggalan dikulit tinggal di puk-puk aja agar terserap sempurna di kulit :). Aku pribadi suka nyobain masker jenis ini, ga ada brand khusus sih, cuma suka nyetok ajah kalau di guardian lagi promo tambah 1000 dapet 2 πŸ™‚

DON’T FORGET TO CELEBRATE LAZADA ANNIVERSARY

LAZADA’S BIRTHDAY SALE MEGA DAYS

Kenapa Clay Mask?

Untuk artikel kali ini aku bahas tetntang clay mask ya.. Kenapa clay mask? Terus terang aku jarang sekali ngelakuin exfoliasi. Satu-satunya exfoliating toner yang aku punya cuma Benton Aloe Vera dan sekarang udah abis :).

Karena itulah beberapa bulan yang lalu aku nyari-nyari masker yang kandungan utamanya clay/mud yang dapat melakukan deep cleansing, jadi bisa bersihin kulit sampai ke pori-pori.

Clay mask bagusa dalam membersihkan pori karena kandungan clay di dalamnya yang fungsinya dapat menyerap kotoran hingga minyak yang ada di wajah.

Nah kalau aku searching, clay mask/mud mask yang paling banyak direkomedasiin adalah yang Glam Glow. Kamu mesti tau kan Brand yang happening banget kemarenan ini :). Kalau aku baca review nya bagus-bagus dan tiap varian clay mask nya ditujukan untuk masalah kulit tertentu. Tapi alasan aku ga nyobain itu karena katanya punya kayak tingling effect gitu yang BIG NO banget buat! Bukan berarti ga bagus ya, banyak yang cocok dengan Glam Glow. Cuma aku pribadi memang menghindari skincare yang punya effect yang teralu strong di wajah karena aku punya kulit yang rewel dan sensitif. Dan aku ga suka dengan skincare yang punya effect cekit-cekit gitu aja sih. Dan harganya boookk.. hm. bisa dipakai bua beli serangkain skincare lain. hehe

Dan ketemulah dengan Menard Pack Aserie Clay Mask. Sebenarnya aku udah cukup lama dengar tentang Menard, tapi belom pernah nyobain sih. Menard merupakan Brand high end asal Jepang. Karena itulah aku belum pernah nyobain rangkaian skincare lainnya yang bisa dibilang cukup menguras kantong. hehe. Tapi kabar gembiranya, entah kenapa untuk Aserie Clay Mask ini harganya cukup affordable. Jika dibandingkan dengan Glam Glow, jelas Menard Pack Aserie Clay Mask ini jauuuuuh lebih murah. Karena itulah pilihan aku jatuh pada Menard ini πŸ™‚

Menard Pack Aserie Clay Mask
Aku langsung bei backup an karena takut kehabisan Menard Pack Aserie Clay Mask πŸ™‚

Dan saat memutuskan membei Menard Pack Aserie Clay Mask ini sebenarnya agak PR juga karena susah banget nyarinya. Di Sociolla out of stock selama berminggu-minggu. Akhirnya saking penasarannya, aku nyoba nyari prelovednya dengan pertimbangan baru dibapai 2 kali oleh owner sebelumnya, baru dibuka segelnya dan produknya menggunakan kemasan tube.

As you can see, aku benaran suka dengan produk ini bahkan langsung nyetok pas di Sociolla udah ada stock dan punya ku yang lama belum habis, soalnya takut OOS lagi πŸ™‚

Claim

To be honest aku ga bisa bahasa Jepang! Wkwkwk, jadi aku ga bisa baca keterangan produk yang ada di kemasan. Satu-satunya cara adalah buka web resmi nya yang ternyata bertulisan Jepang juga! hehe.

Dan dengan bantuan google translate, berikut kira-kira keterangan dari Menard-nya:

“Produk ini mampu meregenerasi kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan membuat wajah tampak sehat.”

PS: Buat yang jago bahasa Jepang bisa banget loh bantuin yaa πŸ™‚

Packaging

As you can see, packagingnya berbentuk tube dan bewarna hijau. Banyak yang bilang packagingnya teralu jadul sih. Tapi kalau menurut aku enggak sih ya karena tube nya sendiri desain nya ga berisik. Jadi sleek aja gitu.

Menard Pack Aserie Clay Mask
Menard Pack Aserie Clay Mask

Point pentingnya kemasannya tube yang pasti higenis banget. Sayangnnya untuk semua keterangannya ditulis dalam bahasa Jepang yang akunya ga ngerti :(. Tapi jangan kawatir, pada box dilengkapi dengan kertas kecil yang berisikan dengan keterangan produk.

Suitable for

Kulit berminyak, kulit kombinasi.

Ingredient

Water (Aqua). Glycerin, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Butylene Glycol, Sucrose Strearate, Zeolite, Bentonite, Talc, Sorbitan Stearate, Sorbitan Isostearate, Methylparaben, Fragrance (Parfum), Carbomer, Sodium Magnesium Silicate, Alcohol, Menthol, Royal Jelly Extract, Tocopherol, Limonene, Kaolim (CI 77004), Chromium Oxide Greens (CI 77288), Iron Oxides (CI 77492), Iron Oxides (CI 77499) /J296

Pas mau ngecek di COSDNA lagi-lagi trouble karena faktor bahasa, aku ga nemu nih. JAdi kalau ada yang bisa tolong bantu ya πŸ™‚

Tapi kalau dilihat ingredientnya, yang paling pertama paling aku notice adalah Mineral Oil (Paraffinum Liquidum) sebagai salah satu komposisi utama. Aku pribadi sepertinya punya kencederungan ga cocok dengan produk yang mengandung mineral oil. Jadi awal-awal aku agak deg-degan menggunakan produk ini.

Mineral Oil (Paraffinum Liquidum)

Apa itu mineral oil?

Mineral oil merupakan derivat (turunan) petroleum (bahan bakar fosil / minyak bumi). Mineral oil sifatnya tidak berbau, tidak berwarna, tidak mudah teroksidasi dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Di websiteΒ Paula’s Choice aku menemukan bahwa mineral oil sendiri punya fungsi utama sebagai Emollient yaitu pelembab. Jadi wajar banget ya kenapa saat menggunakan Menard Pack Aserie Clay Mask ini kulit tidak terasa kering sama sekali. Karena ada kandungan Mineral Oil (Paraffinum Liquidum) dalam jumlah yang cukup banyak.

Lantas mengapa banyak dihindari oleh pemilik oily & acne prone?Β 

Mineral oil memiliki kelemahan, yaitu melembabkan secara berlebihan karena mineral oil menahan kadar air secara sangat efektif sehingga kulit menjadi terlalu lembab. Jika memiliki kulit yangΒ  sangat kering, maka mineral oil akan sangat membantu meningkatkan kelembaban. Jika kulit berminyak, penggunaan mineral oil tidak terlalu diperlukan karena mineral oil terasa greasy dan hanya akan membuat kulit terlihat makin berminyak.

Jadi sebenarnya bukan mineral oilnya yang bikin kulit jadi jerawatan, melainkan kecendungan yang menjadi greasy yang apabila menyumbat pori tapi tercampur dengan bakteri Propionibacterium acnes lah yang akan menimbulkan jerawat. Selama sel kulit matinya terangkat secara rutin dan tidak menyumbat pori, maka tidak akan menimbulkan masalah.

Methyparaben

Memang sih Menard Pack Aserie Clay Mask ini masih mengandung keluarga paraben. Dan banyak sekali sih yang menghindari sekali penggunaan paraben. Nah kalau aku bagaimana? Kalau aku pribadi tetap menggunakan paraben asal ya posisi nya dalam ingredient bukanlah sebagai komposisi utama. Hihi

Paraben sendiri mempunyai fungsi sebagai penghambat pertumbuhan organisme yang dapat membuat produk cepat rusak dan membahayak membran kulit manusia.

Tahun 2004 penggunaan pabaren sempat heboh dan memiiki reputasi yang buruk. Hal ini sebabkan oleh hasil penelitian yang diakukan oeh Debre et al, yaitu bahwa terdapat paraben pada 20 sample kanker payudara. Hal ini menyebabkan banyak brand kosmetik yang mengkambing hitamkan paraben sih. Padahal dalam penelitian tersebut tidak dikatakan kalau yang menjadi penyebab utama kanker adalah paraben itu sendiri.

Jadi kalau aku pribadi sih masih menggunakan produk yang mengandung paraben selama produk tersebut tidak berada pada komposisi utama πŸ™‚

How to Use

Tuangkan pada telapak tangan dan oleskan secara merata ke permukaan wajah. Diamkan selama 3-5 menit sampai masker kering. Setelah itu, basuh dengan air hingga bersih.

Dari review yang aku baca banyak yang menggunakan masker ini lebih dari 10 menit karena memang ga ada efek kering sama sekali. Tapi aku pribadi prefer menggunakan sesuai petunjuk sekitar 3-5 menit karena walaupun dia ga ngeringin tetap aja dia clay mask yang efeknya memang kayak deep cleansing yang kalau digunakan dalam waktu yang lama dapat menyerap kelembaban alami kulit

Texture

Teksturnya seperti pasta gigi dan bewarna hijau lucu. Banyak orang nyebutnya sebagai “masker hulk” karena warnanya aneh. Hehe

Menard Pack Aserie Clay Mask
Tekstur Menard Pack Aserie Clay Mask

Lucunya, walaupun teksturnya kental banget tapi cukup gampang untuk di blend. Dan bianya aku cuma menggunakan produk 1-3 biji kacang untuk dipakai diseluruh wajah. Jadi hemat banget kan πŸ™‚

Menard Pack Aserie Clay Mask
Menard Pack Aserie Clay Mask setelah diaplikasiakn secara merata di kulit.

Impression

Nah kalau kalian udah pernah baca cerita-cerita aku gimana dulu struggle nya ngatasin masalah jerawat yang ga kunjung usai, kalian mesti pada tau kalau kulit aku rewelnya parah, penuh drama. Kalau ga cocok circle-nya bakalan bruntusan, yang mana lama-lama bruntusnya bisa berubah jadi jerawat. Dan itu ngeselin sekaligus sakit banget. :'( Karena bruntusan bianya sifatnya keroyokan :'(

Nah karena itulah aku selalu nyari skincare yang sifatnya gentle. Kalau bisa se-gentle mungkin. Aku selalu nyari skincare yang sifatnya nyaman di kulit. Gapapa kalau hasilnya ga langsung kelihatan, asalkan ga bikin iritasi di kulit dan pelan-pelan ngasih efek positif di kulit. πŸ™‚

Untuk masker Menard ini, aku suka banget sih. gentle dan light, aman untuk kulit rewel kayak aku. Masker ini tidak kering seperti clay mask kebanyakan. Mungkin karena kandungan Paraffinum Liquidum tadi.

Tapi meskipun demikian aku menggunakan sesuai anjuran cuma 3-5 menit agar tidak menyerap kelembaban alami di wajah. Efeknya di aku, bisa membantu mengurangi jerawat imut-imut kayak papules dan pustules. Tapi ga cukup ngefek buat cystic acne.

Untuk komedo, kebetulan aku ga terlalu punya masalah dengan yang namanya komedo. Jadinya aku ga begitu bisa lihat efeknya. Tapi kemarenan aku pinjemin masker ini buat temen ku cowok yang punya masalah komedo dan memang bukan tipe orang yang perawatan yaa. Impression dia surprisingly masker Menard Pack Aserie Clay Mask ini bantu komedo dia jadi cepat keangkat dan gampang buat dibersihkan. Tapi ya ga totally cleaned ya. Butuh pemakaian rutin buat bisa benar-benar ilang.

Selain itu efek setelah pemakaian kulit juga terasa jauh lebih lembut dan sehat. Ga berlebihan sih karena memang enak banget untuk di pegang.

Aku pribadi biasanya menggunakannya malam hari dan kemudian dilanjutkan dengan skincare routine.

Satu lagi yang jadiΒ  kesukaan aku adalah menggunakan Menard Pack Aserie Clay Mask ini sehabis makeup-an yang menggunakan foundation seharian. Kulit berasa kayak baby skin yang bisa bernafas dengan lega πŸ™‚

Price

Harga dari Menard Pack Aserie Clay Mask ini kalau di Sociolla adalah sebesar IDR. 377.300,-. And FYI guys, sepanjang pengamatanku sih produk ini ga pernah diskon di Sociolla. So kalau pengen lebih murah lagi kamu bisa pake kode voucher aku SBNLA0E6 saat checkout!Β Dan yang pasti enaknya free ongkir πŸ™‚

Repurchase?

Kamu udah bisa lihat seberapa aku suka nya, bahkan aku udah beli backup nya sebelum produknya abis. hihi πŸ™‚

IG: @mykittybeauty

twitter: @mykittybeauty

2 thoughts on “[Review] Menard Pack Aserie Clay Mask”

  1. Hi thanks yaa buat reviewnya. Btw aku baru aja mau cobain si menard ini dan FYI, sociolla lg disc 50% buat menard mask yaaa. Cuuuussss di stok sebanyak mungkinnnn

    1. Makasi juga Sofy udah mampir πŸ™‚
      Iya Sociolla lagi diskon gede. Kalau produk yang kamu mau lagi ga diskon bisa pakai kode voucher SBNLA0E6 untuk dapat potongan belanja πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *