Jerawat dan kesehatan
Beauty

Tentang Posisi Jerawat dan Kesehatan

Tentang Posisi Jerawat dan Kesehatan

Pernah ga sih kamu merasa, kok aku sering banget jerawatan ya? Kenapa sih banyak banget yang nge-review obat jerawat dari brand A, B atau C hasilnya bagus ya tapi pas aku pakai jerawatnya ga berkurang sama sekali? Kok jerawat aku ga sembuh-sembuh? Atau kenapa jerawat aku selalu tumbuh di tempat yang sama ya? Sembuh trus tumbuh lagi di tempat yang sama? Kalau pernah merasa demikian, mungkin penanganannya yang belum pas. Sebelum memulai mengobati jerawat sebaiknya kenali dulu tipe jerawat kamu dan temukan metode perawatan yang tepat. Karena sesungguhnya ada hubungan yang cukup erat antara jerawat dan kesehatan.

posisi jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat

By the way. Itu semua sebenarnya curhatan aku sih. hihi. Kalau kamu ngikutin blog aku ini mungkin kamu tau kalau aku ini bisa dibilang “acne fighter/pejuang jerawat” juga. Aku pernah ngalamin semua yang aku tulis di atas tadi. Udah nyoba ini itu ga berhasil. Hampir semua saran orang aku ikutin. Yang ada malah muka makin parah. Sedih banget lihatnya. Sampai sampai sempat hopeless dan ga mau ngaca ataupun photo saking sedihnya juga sama  muka sendiri 🙁

Akhirnya aku mulai banyak baca, cari tahu dan mulai ikut forum kayak female daily yang banyak banget sih ngasih informasi  dan pengetahuan. Jadinya aku lebih selektif dengan yang aku gunakan dan lakukan untuk merawat wajah terutama untuk mengatasi masalah jerawat ini. Apalagi muka aku tipe yang acne prone-oily skin yang rewel banget sama yang namanya jerawat.

Nah berikut hal basic yang kita mesti tahu dulu tentang jerawat.

Apa itu Jerawat?

Kalau aku baca-baca  di textbook ya, jerawat adalah kondisi dimana folikel rambut (kantung tempat tumbuhnya rambut) yang ada di wajah tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Campuran sel kulit mati dan minyak memicu bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) untuk berkembang di dalam folikel rambut tadi, yang seharusnya cuma berada di permukaan kulit tanpa menyebabkan gangguan apapun.

Bakteri P. Acnes yang ada dalam folikel inilah menyebabkan terjadinya peradangan. Jadi kalau kamu punya jerawat yang terasa sakit bila tersentuh berarti folikel kamu lagi mengalami peradangan.

Satu hal yang penting banget untuk diingat adalah mengobati peradangan berarti mengobati jerawat.. Sebaliknya jika melakukan suatu tindakan atau penanganan yang sifatnya memicu peradangan akan memperparah kondisi jerawat.

That’s why, secara personal aku suka dengan tipe perawatan wajah asia karena sifatnya yang menenangkan kulit yang berjerawat bukan membuat jerawat menjadi kering yang ketarik gitu 🙂

Apa yang menyebabkan jerawat?

  • Hormonal

Hormon dapat menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Hormon yang berpengaruh adalah androgen yang biasanya meningkat baik pada pria  maupun wanita yang dalam masa-masa pubertas. Hal ini menyebakan meningkatnya produksi sebaceous (minyak) pada tubuh.

Produksi minyak yang berlebihan dan menumpuk  dan tersumbat  yang dikarenakan oleh kulit mati tadi dapat memicu timbulnya jerawat.. Karena itulah wajar banget sih kalau anak-anak  remaja  rentan memiliki jerawat karena memang adanya kelebihan produksi minyak di kulit.

Produksi minyak ini juga dapat meningkat pada masa kehamilan maupun masa PMS.

  • Obat-obatan

Pada sebagian orang, mengkonsumsi obat-obat dengan kandungan tertentu dapat memicu timbulnya jerawat. Beberapa kandungan obat yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah  corticosteroids atau lithium.

  • Keturunan

Penilitian menunjukkan faktor genetik berpengaruh pada tumbuhnya jerawat pada seseorang. Seseorang anak yang memiliki orang tua yang memiliki masalah jerawat belum tentu sih bakal mengalami hal yang serupa, tapi anak tersebut memiliki resiko yang besar memiliki jerawat dibandingkan dengan anak lain yang dalam silsilah keluarganya tidak memiliki masalah jerawat..

Tipe-Tipe jerawat

Disclamair: aku anaknya penakut.. Jadi buat gambar tipe-tipe jerawat bisa di googling sendiri aja ya, atau dibayangin. I am pretty sure that you know how it is 🙂

Jerawat dapat tumbuh di seluruh tubuh seperti wajah, leher, dada, punggung, bahu, tangan, dll. Dan saat tumbuh dan berkembang pada tubuh, jerawat ini dapat hadir dalam berbagai kondisi:

  • Comedones

Atau kita biasanya menyebut dengan komedo. Komedo ini sendiri merupakan satu-satunya tipe jerawat yang tidak mengalami peradangan. Ada 2 jenis komedo, yaitu whitehead dan blackhead.

Whitehead merupakan kondisi dimana pori-pori tertutup dan menimbulkan benjolan halus pada permukaan kulit. Whitehead berukuran kecil, tidak bewarna merah maupun mengalami pembengkakan. Isinya dapat diekstraksi keluar.

Sedangkan jika kondisi pori-porinya terbuka dan terkena paparan udara secara langsung, dengan warna sedikit gelap atau hitam disebut dengan blackhead. Blackhead ini tidak disebabkan oleh bakteri, sehingga tidak bereaksi jika diberikan benzoyl peroxide, sulfur, ataupun topical antibiotics.

Perawatan terbaik untuk mengatasi whitehead dan blackhead adalah menggunakan produk yang mengandung BHA.

  • Papules

Papules adalah jerawat yang paling ringan dan paling umum terjadi. Ukurannya kecil imut-imut gemesin gitu, bewarna pink kemerahan dengan permukaan bewarna putih yang lembut dan terasa sakit bila disentuh. Ini terjadi karena adanya bakteri pada clogged pore yang menyebabkan terjadinya peradangan.

Berdasarkan research, cara yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat jenis papules adalah dengan menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid.

  • Pustules

Pustules ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari papules. Terasa lebih menyakitkan dibandingkan dengan pustules.Ukurannya juga lebih besar. Bewarna merah, memiliki benjolan lembut dengan nanah putih pada ujungnya. Pembengkakan dan nanah putih ini  menandakan terjadinya peradangan lebih dalam.

Biasanya remaja dalam masa pubertas rentan mengalami kombinasi dari jerawat jenis papules dan pustules ini.

Untuk penanganan, jerawat tipe papules dan pustules ini bisa menggunakan obat produk yang mengandung benzoyl peroxide, salicilic acid dan dapat dikombinasikan dengan resep dokter.

  • Nodules dan Cysts

Dua tipe jerawat ini merupakan tipe jerawat yang sangat menyakitkan dan susah untuk diobati. Jerawat jenis ini terasa perih. Ditandai dengan benjolan yang besar  pada permukaan kulit.

Nodules benjolannya terasa lebih keras sedangkan cysts lebih lunak dan bernanah. Jerawat jenis ini susah untuk diobati dan membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Bekasnya bisa berupa spot hitam maupun acne scar yang kayak bopeng gitu. Untuk jerawat jenis Cysts dan Nodules ini memang sebaiknya diperiksakan ke dokter ya.

Acne Face Mapping

Nah jika setelah berobat jerawat kamu tak kunjung sembuh, atau sembuh tapi kadang masih suka tumbuh di tempat yang sama. Cobain metode acne face mapping ini deh.

Jadi berdasarkan pengobatan tradisional china, diyakini bahwa posisi jerawat dan kesehatan memiliki hubungan yang erat. Posisi tertentu jerawat pada wajah menunjukkan penyebab munculnya jerawat dan hubungannya dengan kesehatan tubuh. Teori ini dikenal dengan istilah “Face Mapping”

  • Kening bagian atas

Jika  jerawatpada suka tumbuh di area kening atau jidat bagian atas biasanya berhubungan dengan sistem pencernaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan sehat dan terbiasa mengkonsumsi makanan yang cepat saji yang berlemak, mengandung garam dan gula berlebih, dll.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada kening atas

Untuk mengatasi masalah pencernaan ini disarankan untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan mengkonsumsi junks food, memperbanyak makan buah dan sayur, memperbanyak mengkonsumsi antioxidant seperti green tea dan lemon.

  • Kening bagian bawah

Biasanya berhubungan dengan mind spirit. Penyebab munculnya jerawat pada dahi bagian bawah ini kemungkinan karena stress, depresi, maupun sirkulasi darah yang buruk. Untuk mengatasinya sebaiknya tidur lebih awal, usahakan untuk tidur 7-9 jam setiap harinya, relax, dan olahraga untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada kening bagian bawah

Oiya penyebab muncul nya jerawat pada area kening ini bisa juga dikarekan oleh shampoo yang ga cocok dengan kulit loh.

  • Dagu dan sekitarnya

Nah yang ini aku banget, bahkan saat menulis artikel ini pun lagi ada beberapa jerawat mungil tipe papules yang tumbuh sekitaran dagu 3 hari ini, yep, sekarang saat menulis ini aku sedang menstruasi.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada dagu

Jerawat yang sering muncul pada area dagu ini disebabkan oleh perubahan hormonal, biasanya terjadi karena siklus menstruasi.

Usahakan untuk lebih memperhatikan skincare pada beberapa hari sebelum priod, makan makanan sehat untuk menyeimbangkan hormon, dan usahakan untuk tidak menyentuh area wajah terutama dagu karena minyak yang ada pada tangan bisa saja tertransfer pada kulit dan menyebabkan jerawat.

  • Alis

Suka tumbuh jerawat di daerah alis? Aku kadang-kadang. haha. Ini biasanya disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga bisa jadi pemicu tumbuhnya jerawat pada area alis.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada alis

Aku pribadi suka banget dengan gorengan, dan yep, aku sering nemuin tumbuhnya jerawat kecil-kecil di sekitar alis.

Oiya, point penting yang perlu di catat juga, jangan lupa untuk membersihkan alis sampai bersih sebelum tidur. Mengingat produk alis lagi hits banget kan belakangan, aku yakin deh hampir semua cewe-cewe menggunakan alis sehari-hari. Nah cerita aja, dulu awal-awal aku belajar menggambar alis, aku kurang bersih dalam bersihin produk alisnya, dan beberapa jerawat numbuh sekaligus di area alis 🙁

  • Hidung

Tumbuhnya jerawat daerah hidung mengindikasikan adanya gangguan peredaran darah dan jantung.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada hidung

Hidung berkaitan erat dengan sistem sirkulasi. Jadi jika kamu sering mengalami breakout pada area ini, mungkin kamu bisa cek, apakah kamu punya masalah pada tekanan darah?

Memperbanyak konsumsi asam emak esensial seperti alpukat dan olive oil, serta menghindari alkohol, kopi dan makanan pedas akan membantu mengatasi masalah jerawat pada area ini.

  • Pipi

Sering mengalami breakout pada area pipi bisa jadi menunjukkan buruknya metabolisme tubuh, rendahnya penyerapan nutrisi dan masalah paru-paru atau pernapasan.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada pipi

Selain itu pipi juga berhubungan langsung dengan paru-paru. Sebaiknya hindari merokok ataupun ruangan yang penuh asap rokok.

Selain itu semua, memperhatikan kebersihan handphone, sprei, bantal, jari, kerudung, helm dan semua benda yang punya kontak lansung dengan area pipi itu penting. Terkadang jerawat dapat muncul karena hal-hal sepele seperti itu.

  • Daun telinga

Daerah telinga berhubungan dengan ginjal. Mengalami breakout pada daerah ini menandakan dehidrasi, terlalu banyak mengkonsumsi garam dan caffeine.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada daun telinga

Untuk mengatasi masalah breakout pada area ini bisa mencoba memperbanyak minum air putih dan mengurangi konsumsi garam dan coffee.

  • Area mulut dan tengah dagu

Mengalami breakout pada area mulut mengindikasikan ada masalah pada lambung dan usus kecil. Kalau mengalami breakout pada daerah ini mungkin bisa dicek apakah memiliki kebiasaan mengkonsumsi fast food atau tidak.

Jerawat dan kesehatan
Posisi jerawat pada dagu

Untuk mengatasi masalah breakout pada area mulut dan dagu ini bisa dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan berserat lainnya. Selain itu juga sebaiknya mengurangi makanan pedas dan berminyak.

Posisi jerawat dan kesehatan ini memang jadi kunci pada acne face mapping, dan ini cuma salah satu cara buat indikasi beberapa pola hidup atau kebersihan yang kurang tepat.. Jadi ga mutlak ya kalau ada jerawat di hidung misalnya berarti penyakit jantung.

Jerawat dan kesehatan
Acne Face Mapping

Aku pribadi sering muncul masalah jerawat pada dagu pada saat-saat PMS. Dan juga di daerah dagu kalau kebanyakan kena asap rokok.

Yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan kebersihan dan keseimbangan emosional dan rilex.

Jerawat dan kesehatan
Relax

So semoga membantu buat kamu para pejuang jerawat kayak aku ya 🙂

IG: @mykittybeauty

twitter: @mykittybeauty

8 thoughts on “Tentang Posisi Jerawat dan Kesehatan”

  1. Iyess!!! Kayanya ini bener deh. Aku kebetulan lagi jerawatan dipipi. Udah berminggu-minggu diobatin gak sembuh. Abis baca ini cuma bisa manggut-manggut sambil mikir, “Oh, iya aku kan lagi sesek nafas akhir-akhir ini”. Banyak loh artikel sejenis ini tapi kurang jitu dalam memprediksi penyebab jerawat.

    Ah, btw thank you udah share

    1. Hallo fin

      Terima kasih udah mampir. Semoga membantu ya
      Semoga cepat sembuh dan jerawatnya mereda. Yang penting ttp rileks dan ga stress

  2. hahaha jerawat di dagu paling sering nongol dan susah banget ngilangin,malah ditempat laennya udah hilang,cuman di dagu aja yg susah banget :’ emang sih faktor hormon jga tapi ya gtu suka kesel sendiri hahaha
    btw thanks ya kak buat postingan gini
    membantu banget hihi

    1. hihi iya, aku juga suka numbuh jerawat di dagu kalau mau numbuh jerawat, udah kayak alarm ajah kalau mau tumbuh jerawat di dagu berarti mau dapet. Asal langsung di tanganin sih pas udah gelaja mau tumbuh biasanya ga begiu parah 🙂

  3. halo ayu! makasih banget buat artikelnya bermanfaat banget bangetaan asli. sekarang aku baru sadar jerawat-jerawat aku yang baru muncul di daerah alis, kening bagian atas dan area mulut tengah dagu, itu baru muncul setelah aku kuliah karena sering makanan cepat saji (makhlum anak kos hehe) udh gtu menstruasi aku siklusnya lg berubah. setelah baca artikel kamu sekarang aku jadi tau gmana cara ngatasin jerawat ini hehe dulu udh sempet depresi knp jerawat-jerawat nambah di daerah baru, kirain ada skincare yg ga cocok. taunya karena pola hidup. sekali lagi makasih yaa

  4. thankyou udh sharee… membantu bnget ni..
    jerawat aku suka ngumpul di hdung.. ya nyatanya emng suka bnget mkn pedas2 apalagi tuh klau mau PMS . lgian kt ibu dlu waktu muda2 dia juga kyak aku hmm 🙁

    1. Hallo Nadine 🙂

      Sama-sama Nadine 🙂
      Akupun juga kalau suka gitu, kalau tumbuh di jawline biasanya karna hormonal, kalau tumbuh di pipi sekitar hidung biasanya karena sering kena asap rokok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *